Aktifitas yang Padat Ber'itikaf di Masjid PP Persis

Aktifitas yang Padat Ber'itikaf di Masjid PP Persis

Dipublish pada 12 Juni 2018 Pukul 07:05 WIB

689 Hits

Bandung - persis.or.id, Kegiatan i'tikaf di mesjid PP Persis Jl. Perintis Kemerdekaan 2 Bandung yang berdampingan dengan kantor PP Persis diisi dengan berbagai macam kegiatan yang padat.

Setelah sholat subuh diisi oleh kuliah subuh (kajian tafsir dan hadits), setelah beres kuliah subuh diisi tilawah Quran masing masing mu'takiffin (peserta i'tikaf).

Jam 08.00 pagi diisi kajian duha sampai qobla dzuhur biasanya dikaji persoalan persoalan kekinian (ekonomi, siyasah dll). Seusai solat dzuhur disi oleh kajian bada duhur yang diikuti bukan hanya mu'takiffin (peserta i'tikaf) tapi juga oleh jamaah mesjid pada umumnya.

Karena peserta i'tikaf ihyaul lail (menghidupkan malam) dan sedikit mengurangi tidur malam, maka untuk mengimbanginya biasanya bada subuh atau bada dzuhur biasanya peserta tidur sejenak.

Setelah waktu solat Ashar diadakan kajian sampai sebelum azan magrib tiba, setelah iftor jamai (buka bersama) shalat magrib berjamaah, sambil menunggu tarawih ada yang makan ada juga yang mengakhirkan makannya bada tarawih.

Adapun pelaksanaan tarawih dilaksanakan 11 rakaat (4 4 3) dan biasanya diisi dengan kultum tarawih bada sholat isya.

Setelah beres sholat tarawih istirahat sejenak, kemudian diisi lagi dengan tilawah,dan tadarus al Quran sampai tengah malam bahkan sampai dini hari, terutama di malam malam ganjil.

Pengisi materi dari asatidzah di lingkungan PP Persis dengan berbagai tema yang bervariasi dan menarik.

Untuk menjaga kondisi fisik peserta terkadang disela sela selesai materi diisi dengan olahraga ringan sekedar meregang otot dari kejenuhan setelah lama duduk untuk mengaji, dan tadarus al Quran. Juga pemeriksan gratis dari PZU Persis bagi mu'takiffin. (/ISL)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?