Alhamdulillah, Telah Berjalan dan Dibuka Pendaftaran Ma’had Tahfizh Al-Quran

Alhamdulillah, Telah Berjalan dan Dibuka Pendaftaran Ma’had Tahfizh Al-Quran

SHARE

Bandung – persis.or.id, Bidgar Sumber Daya Dakwah PP. Persis bersama PD. Pemuda Persis Kota Bandung bekerjasama membagun program Kerjasama Madrasah Tahfizh Al-Qur’an Persatuan Islam (MaTaQu Persis), jumat (03/03/2017).

MaTaQu Persis adalah lembaga Tahfizh yang berkomitmen untuk membudayakan menghafal Al-Qur’an di masyarakat. “MaTaQu Persis ingin mengembalikan tradisi menghafal quran dalam Islam yang sekarang sudah ditinggalkan oleh mayoritas umat Islam”, terang Irvan Sholihin, S.Pd, ketua MaTaQu

Irvan menilai pada masa lalu -ketika tradisi menghafal masih sangat kuat- Islam berada pada masa kejayaannya, karena pada waktu itu bermunculan ulama atau ilmuwan besar yang sedini mungkin pada masa kanak-kanak mereka sudah hafal Al-Qur’an, sehingga ketika menginjak dewasa mereka menjadi orang-orang yang sangat hebat.

Perlu kita sadari bahwa kejayaan Islam dan Muslimin tidak bisa lepas dari Al-Qur’an. Selama Al-Qur’an dipegang teguh maka kejayaan itu akan terwujud. Namun sebaliknya, jika tidak maka jangan berharap Allah SWT akan mewujudkannya. Dan salah satu bukti kita berpegang teguh dengan Al-Qur’an adalah dengan menghafalkannya.

Karena Rasulullah SAW hafal Al-Qur’an, para sahabat, para tabi’in sampai ulama salaf mereka semua hafal Al-Qur’an. Ini mengindikasikan bahwa membaca Al-Qur’an lewat hafalan adalah bagian dari Sunnah.

Pondok-pondok Tahfizh konvensional -yang mengharuskan santrinya muqim- tidak cukup mengakomodir seluruh lapisan masyarakat untuk menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itulah MaTaQu Persis perlu mengadakan program Tahfizh pekanan, agar dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang tidak bisa mengikuti kegiatan menghafal Al-Qur’an model pondok.

photo_2017-03-03_09-37-08 photo_2017-03-03_09-37-14 photo_2017-03-03_09-37-17 photo_2017-03-03_09-37-20 photo_2017-03-03_09-37-24 photo_2017-03-03_09-37-27

Mudah-mudahan program Tahfizh ini menjadi salah satu bagian dari titik-baliknya kejayaan Islam dalam rangka memegang teguh Al-Qur’an dan sebagai bukti keberimanan kita terhadap Al-Qur’an sebagai Kitab Suci.

VISI

MENJADI LEMBAGA TAHFIZH ALQURAN YANG KONSISTEN MEMBUDAYAKAN HAFALAN ALQURAN DI MASYARAKAT

MISI

  1. MEMPERMUDAH MENGHAFAL ALQURAN SECARA TERATUR
  2. MEMASYARAKATKAN BUDAYA MENGHAFAL ALQURAN
  3. MENCETAK PENGHAFAL ALQURAN SECARA MASSIF DAN BERKESINAMBUNGAN

PENGURUS MATAQU PERSIS

Pembina : Drs. Uus Muhammad Ruhiat (Bidgar Sumber Daya Dakwah PP. Persis)

Penanggung Jawab :  PD. Pemuda Persis Kota Bandung

Ketua : Irvan Sholihin, S.Pd

Administrasi : Asep Suryana

Bendahara : Gugum Gunawan

Kurikulum : Miftah Husni, M.I.Kom

Humas : Team Dakwart

Akomodasi : Asep Firmansyah, S.Kom.I

Team Pengajar

  1. Ust. Rusdian (Alumni Ma’had Tahfizh Al-Imarat Bandung)
  2. Ust. Miftah Husni (Alumni Ma’had Tahfizh Al-Imarat Bandung)
  3. Ust. Irfan Susilo (Praktisi Tahsin Al-Quran/Dosen Tahsin Al-Quran Tamhiedul-Muballighien PD. Persis Kota Bandung)
  4. Ust. Irvan Sholihin (Alumni Daurah 40 hari Menghafal Al-Quran Yayasan PAY)
  5. Ust. Asef Firmansyah (Alumni Daurah 40 hari Menghafal Al-Quran)
  6. Ust. Asep Suryana (Ketua Pondok Tahfizh PD. Pemuda Persis Kota Bandung)
  7. Ustdzh. Tia Meida (Alumni Ma’had Tahfizh Baitul Qur’an Daarut Tauhid)