Bandung jadi kota Pertama Deklarasi JITU ( Jurnalis Islam Bersatu)

0
35

Bandung – persis.or.id, JITU (Jurnalis Islam Bersatu) merupakan organisasi jurnalis muslim yang berasal dari berbagai media. JITU dibentuk pada tahun 2012 di Jakarta yang diprakarsai 27 jurnalis. Dan pada tahun 2016, JITU akan mendeklarasikan cabang di beberapa kota besar. “Kongres Lembang Januari lalu (2016, red) mengamanatkan agar JITU mendeklarasikan cabangnya di beberapa kota besar, dan Bandung adalah kota pertama,” jelas Agus Abdullah, Ketua Umum JITU pusat, Bandung, (07/08).

Deklarasi JITU Bandung dihadiri pengurus dan anggota JITU pusat dan 60 orang perwakilan dari berbagai media dan Universitas. Dalam pidatonya, Agus mengatakan bahwa JITU adalah kumpulan jurnalis muslim, bukan kumpulan media. “Sehingga di media manapun jurnalis tersebut bertugas, asalkan punya visi yang sama sebagai jurnalis muslim, maka bisa bergabung menjadi anggota,” tambah Agus sesaat sebelum deklarasi.

Acara yang berlangsung di Gedung Wakaf99 dilanjutkan dengan diskusi bertemakan “Kudeta Turki dalam bingkai media” yang difasilitasi oleh ketiga pembicara; Arya Sandhiyudha, Ph.D.,pengamat Politik Internasional, Alumni Fatih University Turki, Dr. Maimon Herawati, pengamat komunikasi, Dosen Fikom Unpad, Muhammad Pizaro, Jurnalis, Kadiv Kajian Global Center for Islamic and Global Studies. (/HI)

photo_2016-08-07_10-53-46