Beasiswa S1, Komitmen Nyata PD Persis Tangerang Siapkan Kader Dakwah Terbaik

Beasiswa S1, Komitmen Nyata PD Persis Tangerang Siapkan Kader Dakwah Terbaik

SHARE

Tangerang – persis.or.id, Setelah sukses mengadakan kegiatan Daurah Al-Quran, PD Persis Tangerang menyatakan kembali komitmennya untuk menyiapkan kader terbaik jamiyyah.

PD Persis Tangerang menggulirkan sebuah program beasiswa S1 yang sudah disepakati  melalui Musyker ke-2. Tujuannya sebagai upaya kaderisasi dai jamiyyah. Sedangkan terkait dengan daurah al Quran menghafal 30 Juz itu adalah bagian dari tahapan seleksi kader, dan syarat calon penerima beasiswa kader S1 (harus hafal Al Quran).

Arif Husni Majid, M.Pd.I selaku sekretaris PD Persis Tangerang menjelaskan bahwa  Daurah Al Quran tersebut  dilaksanakan dengan dua sasaran utama. “Pertama, untuk mentiapkan kader jam’iyyah yang hafal Al Quran. Kedua, peserta umum, memasyarakatkan al Quran di tengah masyarakat luas, baik atas nama lembaga atau individu”, imbuh Arif.

Dauroh al Quran ini diagendakan setiap bulan. Adapun Pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara ini sudah ada 4 lembaga pendidikan yang siap kerjasama dengan PD Persis Tangerang, untuk melaksanakan dauroh menghafal Al Quran 30Juz secara bertahaf. “Baru kita wacanakan pelaksanaannya 2 minggu setiap bulan”, Arif menambagkan penuturannya.

Khusus untuk kader dai jamiyah, PD Persis Tangerang akan kerjasama dengan PD-PD dan pesantren Persis, untuk menjaring alumni yang siap berdakwah di jamiyah dan memiliki karakter seorang mujahid da’wah. “Selama satu tahun ini kita membina mereka 1-2 bulan hafal Al Quran serta plus 3 bulana mutqin 30 Juz berikutnya kita akan mendorong mereka untuk menghafal kitab shahih bukhari, menghafal bulughul maram, kitab riyadhus shalihien, dll”, lebih lanjut Arif menjelaskan. Sebelum para kader ini masuk kuliah mereka akan dibekali ilmu-ilmu yang menunjang masuk jurusan yang akan dipilih, serta tambahan kemampuan bahasa arab dan inggris.

Terkait dengan upaya pemenuhan akomodasi, PD Persis Tangerang memiliki kiat khusus, yaitu dengan mengadakan Infaq Shubuh. “Untuk biaya sebagaimana kesepakatan hasil musyker ke-2, kita akan memaksimalkan dari infaq shubuh 5000/hari dari pengurus, anggota dan simpatisan dimana partisipan yang sekarang tercatat sekitar 100 keluarga.  Penggalangan infaq shubuh ini sudah berjalan 1 tahun, walaupun  masih ada kelemahan dalam penggalangan, kami optimis dengan memaksimalkan potensi infaq shubuh  jamaah, kita tidak akan kebingungan mencara dana beasiswa, kenapa? Karena potensi ini kalau dikalkulasi cukup besar. Dengan hitungan sederhana 100 keluarga × Rp.5000/hari × 365hari (tahun)= Rp. 182.500.000,-/tahun”, Arif menerangkan.

PD Persis Tangerang optimis dengan komitmen menyiapkan kader terbaik jam’iyyah ini. “Apalagi kalau kita bisa mensinergikan potensi lain, jaringan dan kerjasama dengan institusi lain, baik lembaga sosial bahkan dengan pemerintahan. Ala kulli hal kami yakin kalau kita berjuang dijalan Allah,  Allah maha kaya dan pasti memberikan jalan keluar dari setuap masalah yang kita hadapi,” pungkas Arif. (HL & TG)