Berbaik Sangka

Berbaik Sangka

SHARE

Rencana  apapun  yang kita inginkan  adalah  merupakan  hal yang terbaik bagi diri kita. Kita berusaha untuk meraihnya. Namun pada kenyataannya  itu selalu mengalami ketidak berhasilan atau kegagalan, tidak  sesuai  dengan  apa yang kita kehendaki terkadang  bencana  yang selalu menimpa.  Sesungguhnya  yang lebih mengetahui tentang kemaslahatan adalah Yang Maha Kuasa. Dia-lah yang telah menciptakan kita dan mengetahui  apa yang terbaik untuk kita, Dia mengetahui segalanya.

Jika seorang  hamba  telah  berusaha dan telah berdoa, maka hasil akhirnya hanya Allah yang menentukannya,  Hal ini adalah telah disebutkan dalam Al-Quran dalam surat Al-Baqarah ayat 216 bahwa  “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu” oleh karena itu yang terbaik hanyalah pilihan-Nya.

Sekedar ilustrasi saja dengan  cerita yang mengisahkan  seorang Kiyai yang memiliki putra sungguh luar biasa baktinya kepada Sang Kiyai tersebut, hingga takjub orang melihatnya  karena  perilakunya tersebut. Mereka pun bertanya, apa rahasianya sehingga anak ini bisa begitu berbakti. Sang Kiyai itu menjawab, bahwa ini lantaran kesabaranku  dalam  menghadapi persoalan.

Istrinya  bisa  saja  bukan dari  perempuan yang  diharapkan  dan  bukan pula  dari  perempuan  yang shalehah, akan tetapi karena sabarnya Sang Kiyai mengurus dan mendidik istrinya, maka lahirlah seorang anak yang begitu berbakti dari  rahim  istrinya.  Seandainya  Sang Kiyai itu  mengusirnya atau  menceraikannya mungkin saja tidak akan mendapatkan anak yang begitu shaleh dan berbakti. Ternyata Yang Maha Kuasa itu mengharapkan  kebaikan  yang  begitu  banyak kepada Sang Kiyai dengan lantaran ia bersabar menghadapi istrinya yang tidak begitu baik dan shalehah.

Sesungguhnya Yang Maha Kuasa telah memberikan beberapa contoh di dalam Alquran, bahwa hanya  pilihan Allahlah  yang terbaik, yang terkadang di luar dugaan dan cita-cita kita.

Demikianlah  karunia Allah, terkadang  didapatkan  dengan penuh  kesedihan yang harus dihadapi dengan kesabaran. Takdir dan ketetapan Allah adalah yang terbaik. Allah adalah Maha Bijaksana dalam takdir-Nya, Maha Mengetahui apa yang akan terjadi. Hendaknya kita berbaik sangka terhadap Allah, bukan malah meratapi apa yang kita hadapi. Ingatlah setelah kesulitan itu ada kemudahan.

Semoga kisah tersebut  bermanfaat dan Semoga pula  kita  menjadi seseorang yang selalu berprasangka baik. Juga selalu meyakini bahwa pilihan Allah itu paling baik setelah kita berdoa dan berusaha.

 

Wassalam

 

LUKMANUDIN

Bidang Garapan Sosial Ekonomi PD Persis Tangerang.