Bidang Maaliyah PP Persis akan Bentuk TIM Khusus menangani BMT

3358

Bandung – persis.or.id, Bidang Maaliyah PP Persis pada tahun 2018 ini akan fokus membenahi BMT yang tersebar di berbagai Pimpinan Daerah Persis khususnya di wilayah Jawabarat, DKI Jakarta dan Banten. Untuk mempermudah pembenahan itu Bidang Maaliyah PP Persis membentuk Tim Khusus untuk pengkajian dan pengelolaan BMT.

Tugas tim khusus ini tidak hanya membenahi BMT yang sudah terbentuk di PD-PD Persis, tapi juga harus bisa melahirkan BMT di daerah lainnya yang belum memiliki BMT.

Demikian pemaparan yang disampaikan oleh ketua Bidang Maaliyah PP Persis Dr H. Uyun Kamiluddin, S.H., M.H pada acara sosialisasi BMT yang dihadiri oleh utusan Bidgar ekonomi PD PW Persis Se-Jabar, DKI Jakarta dan Banten di kampus Staipi Ciganitri Bojongsoang Kabupaten Bandung Sabtu (13/1).

Menurut H. Uyun Kamiluddin, isu pembentukan BMT saat ini sangat penting karena keberadaanya diperlukan oleh jamiyyah Persis terutama untuk menopang perekonomian jamiyyah Persis dan para jamaahnya. Bahkan Ketua Umum Persis KH Aceng Zakaria menekankan bahwa setiap PC Persis harus memiliki BMT atau Koperasi Syariah.

Pada acara tersebut beberapa utusan PD diminta menyampaikan tanggapannya dan ternyata ditemukan fakta dilapangan bahwa keberadaan BMT Persis mayoritas dimanfaatkan oleh bukan anggota Persis. Padahal BMT tersebut terbentuk sedianya untuk memfasilitasi perekonomian jamaah Persis.

Hal ini tentu menjadi PR bagi PD Persis setempat untuk mensosialisasikan BMT kepada jamaahnya terutama para pelaku usaha Persis yang belum memanfaatkan BMT.

Bidang Maaliyah PP persis juga mengapresiasi beberapa PD Persis yang konsisten mengembangkan BMT nya bahkan sudah memiliki modal yang cukup besar semisal PD Tasikmalaya dan Purwakarta sehingga garapannya menjadi lebih luas.

Namun Dr H. Uyun Kamiluddin menekankan pentingnya penyeragaman nama BMT Persis dengan nama Alittihad. Karena ditemukan beberapa PD Persis menggunakan nama BMT yang berbeda beda. Penyeragaman nama BMT ini penting karena akan menjadi brand image yang mudah diingat oleh jamaah Persis dan masyarakat luas. (/MY)

LEAVE A REPLY

six + fifteen =