Brigade Persis Laksanakan Tugas Pengamanan Presiden di PP Persis

0
1067

Bandung, persis.or.id, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo tiba di kantor Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam Selasa malam pukul 20.28 WIB (17/10/2017).

Hal itu merupakan pengalaman pertama yang dialami Brigade  Persis dalam melaksanalan pengamanan orang nomor 1 di Indonesia tersebut, karena memang selama Persis  berdiri baru kali ini tercatat dalam sejarah Presiden Republik Indonesia bertandang ke Kantor PP Persatuan Islam di Bandung.

Brigade Persis dalam hal ini sebagai lembaga pengamanan Jamiyyah telah melaksanakan tupoksinya sebagai lembaga pengamanan, siapapun tamu jamiyyah yang bertamu ke PP Persis wajib diamankan, dilayani dan didampingi apalagi selevel kepala megara. Walaupun sesungguhnya sistem Pengamanan Presiden sudah ada protap tersendiri yang berlaku khusus oleh Paspampres.

Dalam sistem pengamanan seorang kepala negara tentunya bukan hanya sekedar tanggung jawab Paspampres semata, melainkan seluruh  komponen yang terlibat dalam kepanitiaan kunjungan Jokowi ke PP Persis juga sangat menentukan sukses tidaknya sebuah rangkaian sistem pengamanan.

Rangkaian kegiatan mulai dari  Gladi kotor, evakuasi darurat, dan kegiatan latihan lainnya dilaksanakan secara terpadu  dan terarah dibawah komando tim dari Paspampres dan Kodim BS Kota Bandung sebagai Komando Pelaksana lapangan.

Organik Brigade Persis Komando Pusat dilibatkan langsung dalam  sistem Pengamanan kunjungan tersebut dibawah komando dan protap yang dijalankan  Paspampres dan bersinergi dengan TNI, Polri, Lanah Syurulkhan, dan Satuan Pengamanan PP Persis.

Banyak hikmah, ilmu, pengalaman dan pelajaran yang di dapat oleh Brigade Persis, bagaimana sesungguhnya melaksanakan sistem pengamanan VVIP yang sangat ketat dan terorganisir dengan baik, ditengah situasi dan kondisi yang tidak semestinya, tentunya kegiatan seperti ini sangat jarang terjadi.

Sehingga momentum ini merupakan bekal tersendiri bagi anggota Brigade Persis dalam menambah skil, kemampuan, dan pengalaman di bidang pengamanan.

Komando Pusat Brigade Persis merasa bangga dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Pengamanan Presiden ini, terutama kepada jamaah Persis yang telah bersabar dan tertib dalam menanti kunjungan Presiden tersebut diatas. (*)

***

Aster V Teritorial Komando Pusat Brigade Persis
Bidang Humas

LEAVE A REPLY

20 − 19 =