Galang Dana Aleppo di sela pembagian Rapor

0
42

Bandung – persis.or.id, Pusat Zakat Umat (PZU) mengadakan penggalangan dana bantuan kemanusiaan untuk Muslim Aleppo, Suriah, Sabtu (24/12/2016) di Pesantren Persis 03 Pameungpeuk dan Pesantren Persis 31 Banjaran.

PZU yang bekerjasama dengan Rijalul Ghad – Ummahatul Ghad (RG-UG) PPI 03 dan PPI 31, menggalang dana di sela-sela pembagian rapor Mts dan Mualimin. Dana yang terkumpul dari kedua Pesantren tersebut mencapai sekitar Rp.10.000.000,-.

Yudi Wildan Latief, Mudir MTs Persis 31 menyebut aksi penggalangan dana sebagai momentum untuk menumbuhkan kepekaan santri terhadap fenomena yang terjadi di Suriah.

“Yang paling utama di sini adalah ruhnya. Ruh kita, kepekaan kita terhadap Muslim Aleppo yang kita tularkan kepada santri-santri. Nah itu yang paling penting yang harus ditanam kepada generasi muda kita adalah kepekaannya,” tutur Yudi.

Kehadiran PZU di PPI 31 disyukuri oleh Mohammad Ari Gusti, Ketua RG Mualimin Persis 31. Ari mengatakan awalnya pihaknya kebingungan dalam hal penyaluran dana.

photo_2016-12-27_08-53-54“Awalnya kami bingung mau menggalang dana, tapi tidak tahu menyalurkannya kemana. Tapi setelah difasilitasi PZU, alhamdulillah sekarang bisa menyalurkan dana tersebut,” jelasnya.

Ari pun menyampaikan keprihatinannya terhadap tragedi yang terjadi di Aleppo. Ari berpesan kepada para santri, “jika kita tidak bisa berjuang dengan raga kita, usahakanlah kita berjuang dengan tenaga dan harta kita. Tetap berdoa dengan Qunut Nazilah untuk saudara-saudara kita,” pungkasnya.

Sedangkan menurut Siti Kalimah, Ketua UG MTs Persis 03, mengatakan, “kita sebagai muslim yang baik memang harus membantu walaupun itu sedikit dan saat ini yang kita mampu hanyalah do’a dan sedikit dana.”

 

Menurut Staff UG, Penggalangan dana di MTs Persis 03 untuk Muslim Aleppo pada hari Sabtu (24/13/2016) merupakan rangkaian terakhir dari aksi penggalangan yang telah dimulai sejak Senin (19/12/2016).

Terpantau oleh redaksi, penggalangan dana di MTs Persis 03 mendapat dukungan penuh dari orangtua santri yang hadir mengambil rapor anaknya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Rosa, salah satu Staff UG yang bertugas menggalang dana. Ia menuturkan, “Khusus hari sabtu, penggalangan dana difokuskan kepada orangtua santri yang akan membawa rapor anaknya. Dan kami (Staff RG-UG) berjajar menyediakan dus.”

Terakhir, pihak RG-UG MTs Persis 3 menyampaikan harapannya, “Kami berharap agar masyarakat umum pun tahu dan ikut merasakan juga ikut berpatisipasi atas kejadian yang terjadi di Aleppo. (YZ/H/alfatih)