Jambore Nasional V Pelajar Persis Ajang Kompetisi Antar Pesantren

0
42

Jamnas V Pelajar Persis yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang – Jabar, 25-28 Februari 2016 dengab mengangkat tema besar “Dari Persis untuk Bangsa, Menctletak Generasi Emas, Menuju Satu Abad Persatuan Islam” dipenuhi dengan acara lomba dan seminar keilmuan.

Lomba yang dikompetisikan diantaranya lomba pidato 3 bahasa, olimpiade ilmu alat, cerdas cermat, tahfid Quran, tahfidz Hadits, karya tulis ilmiah, menulis cerpen dan puisi, membaca puisi, desain baju muslimah syar’i, marathon dan lain-laun.

Para santri peserta lomba sangat antusias mengikuti lomba. Semangat mereka terlihat jauh hari sebelum jamnas berlangsung. Persiapan itu untuk membangun rasa percaya diri saat kompetisi digelar. Tak ayal, terjadi persaingan ketat antar pesantren untuk merebut gelar juara.

Yang uniknya di jamnas kali ini untuk penjurian sama sekali tidak melibatkan alumni Persis atau asatidz Pesantren Persis untuk menghindari subjektifitas. Maka, dihadirkanlah para profesional agar penjurian sangat objektif. Juri sebelumnya juga menandatangani fakta integritas dan sumpah juri.

Persaingan yg ketat dalam kompetisi ini tidak menurunkan esensi silaturrahmi antar pesantren. Walaupun bertarung di gelanggang, namun tetap bersalaman, saling mengenal satu sama lain. Esensi silaturrahmi inilah yang akan menguatkan barisan para pelajar Persis yang merupakan penerus perjuangan Persis dan NKRI.

Rencananya pengumuman pemenang lomba dan juara umum akan diumumkan dalam penutupan tanggal 28 februari besok. Peaantren manakah yang akan menyabet predikat juara umum Jamnas kali ini? Kita tunggu besok. (@ryanalviana)