Konsolidasi Jamiyah Persis di Nusa Tenggara Timur

Konsolidasi Jamiyah Persis di Nusa Tenggara Timur

SHARE

NTT – persis.o.id, Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) Bidang Jamiyah Dr. H. Ihsan Setiadi Latief M.Si dan sekretaris bidang jamiyyah H. Erdian S.Ag mengunjungi Nusa Tenggara Timur dari tanggal 2 s/d 6 Agustus mendatang. Kunjungan ini dalam rangka konsolidasi dan penguatan jamiyah Persis dari tanggal yang sudah hadir di NTT sejak lama.

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTT ini memiliki 21 Kabupaten/Kota.

Di awal kemerdekaan Indonesia, kepulauan ini merupakan wilayah Provinsi Sunda Kecil, yang beribukota di kota Singaraja, kini terdiri atas 3 provinsi (berturut-turut dari barat): Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Setelah pemekaran, Nusa Tenggara Timur adalah sebuah Provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komododan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, di bagian barat pulau Timor.

Jamiyyah dan alumni Pesantren Persis tersebar di pulau pulau diatas, sudah lama pesantren Persis baik di Jawa Barat ataupun Bangil Jawa Timur yang membina anak anak dari NTT.

Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasadipanggil Timor).

Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Sementara bagian timur pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Lestepada tahun 2002.

Di Atambua dan juga Timor Timur juga banyak alumni Pesantren Persis Bangil.

Dalam catatan di PP Persis mesjid dan madrasah yang sudah dibangun sebanyak 19 Mesjid, 6 Pimpinan Cabang dan 2 Pimpinan Daerah, dalam waktu dekat insya Allah akan terbentuk PW Persis NTT. (/ISL)