Kuliah Ramadhan: Upaya Membangun Generasi Saleh

Kuliah Ramadhan: Upaya Membangun Generasi Saleh

SHARE

Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh umat Islam di manapun. Bulan yang menjanjikan malam al-qadr: malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka sungguh beruntung orang yang mendapatkannya.

Banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh mayoritas muslim pada bulan ini. Bulan Ramadhan menjadi istimewa, sebab masjid dan kajian keislaman tiap harinya ramai.

Bulan Ramadhan seringkali dijadikan moment untuk pendidikan bagi setiap muslim. Biasanya lepas salat shubuh masjid atau majlis ta’lim tidak pernah sepi dari kegiatan. Walau hanya diisi dengan kultum (kuliah tujuh menit) atau kulsub (kuliah shubuh), banyak juga yang kajian hadis, tafsir, dan yang lainnya.

Begitu juga dengan komunitas Five Brothers, yang yang diisi oleh anak-anak muda di sekitar Pameungpeuk- Banjaran, Kab. Bandung, mereka bekerja sama dengan PJ. Pemuda Persis Palasari dan Yayasan Bany Radhiyya untuk mengadakan kegiatan Kuliah Ramadhan.

Sebetulnya program ini setiap tahunnya rutin diselenggarakan oleh Bany Radhiyya, dengan mengajak anak-anak dan remaja untuk belajar keislaman.

Namun, ramadhan kali ini berbeda, sebab tema yang ditawarkan pun adalah kuliah ramadhan; sebuah upaya untuk membangun generasi saleh, baik dalam urusan spiritual maupun sosial yang didasari oleh keimanan papar Adi Tahir, salah satu penggagas konsep kuliah ramadhan.

Kuliah ramadhan sendiri menghadirkan kajian tauhid, tafsir yang dikemas semenarik mungkin agar dapat diterima dan dipahami oleh remaja dan anak-anak.

Adapun kegiatannya dilaksanakan selama dua minggu pertama di bulan ramadhan setiap pukul 16.00-17.30 WIB.

Rencananya program ini akan berlanjut di bulan-bulan berikutnya, sebagai bentuk komitmen dalam membangun generasi muda yang saleh. Generasi yang dapat membangun masyarakat, sebagai penopang suatu daerah, penggerak masyarakat bawah yang dilandasi spirit keilmuan. (/ATN)