Mau Qurbannya terasa Lebih Bermakna bagi Umat Islam? PZU Punya Solusinya

Mau Qurbannya terasa Lebih Bermakna bagi Umat Islam? PZU Punya Solusinya

SHARE

Bandung – persis.or.id, Tak terasa beberap hari lagi Idul Adha 1438 H akan bertemu dengan kita, jika Allah mengizinkan. Sudah selayaknya orang-orang yang mampu berkurban, agar menunaikannya karena Allah.

Alhamdulillah, Pusat Zakat Umat (PZU) sudah menyiapkan Program Qurban Super Barokah (QSB). Ini merupakan program unggulan, mudhohi (yang menitipkan hewan qurban) untuk menitipkan hewan qurbannya kemudian akan PZU distribusikan ke wilayah-wilayah yang sudah seharusnya mendapatkan haknya. Benar-benar powerful kan?

Qurban Super Barokah ini menjangkau para mustahik, bukan hanya didalam negeri tapi hingga keluar negeri dan prioritas PZU dalam program Qurban Super Barokah (QSB)  diluar negeri yaitu negara dengan keadaan wilayah konflik tentunya negara Palestina dan Suriah.

Kita ketahui sampai saat ini kondisi di Gaza Palestina dan Aleppo Suriah masih sangat memprihatinkan, satu dekade berlalu, tidak ada perkembangan ekonomi yang signifikan di Gaza dan Aleppo. Hari-hari murung berlalu tanpa ada perubahan berarti. Blokade masih membuat Gaza dan Aleppo terpinggirkan dari segala macam ingar-bingar laju perkembangan dunia.

Kemudian tahun 2004 angka kemiskinan di Gaza masih berada pada angka 30%. Melonjak menjadi 50% ketika Israel mulai menerapkan blokade total tahun 2007. Hingga tahun 2016 setahun kemarin, angka kemiskinan tak terlalu berubah, masih berada di angka 40%.

Sedangkan di Suriah menurut laporan Komisi Sosial dan Ekonomi PBB untuk Asia Barat (ESCWA) dan Universitas St Andrews menunjukkan sekitar 83,4 persen warga Suriah saat ini hidup di bawah garis kemiskinan. Angka tersebut berbeda jauh dari tahun 2010 yang hanya 28%. Sekitar 13,5 juta warga Suriah membutuhkan bantuan kemanusiaan pada akhir 2015, dan lebih dari 4 jutanya berada di Damaskus dan Aleppo.

Dan untuk wilayah pelosok Indonesia meliputi Indonesia Barat ( Prov. Bengkulu, Sumsel, Sumut, Riau, Jabar, Jateng, Yogyakarta), Indonesia Tengah (Prov. Kalteng, Kaltim), Indonesia Timur (Sulsel, Maluku, Maluku, Bali, NTT).

Program Qurban Super Barokah (QSB) ini menjawab problematika pendistribusian ibadah udlhiyyah yang sering muncul di masyarakat dari mulai tidak meratanya penerima hewan qurban dipelosok, didaerah konflik dan bencana.

Keunggulan Program Qurban Super Barokah (QSB) PZU diantaranya : sesuai syari’at, distribusinya merata hingga pelosok, pemilihan hewan qurban yang layak dan proses penyembelihan dan proses pendistribusian sesuai dengan kesepakatan ulama. Seiring berjalannya waktu, tak hanya menjangkau Nusantara namun tahun ini Program Qurban Super Barokah (QSB) PZU ini menjangkau lintas Negara Palestina dan Suriah.

Bukan semata konsep, ada tanggung jawab yang lebih besar yaitu amanah. Amanah dari para mudhohi, untuk itulah demi menyambut harapan para mudhohi , persiapan dan perencanaan matang pun jadi keniscayaan. Selanjutnya, dalam persiapan Qurban Super Barokah (QSB)  adalah penentuan titik sebaran atau titik distribusi hewan qurban.

Tujuannya, qurban dapat tersebar di berbagai pelosok negeri dan luar negeri (overseas), maka daging kurban dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita yang jarang merasakan kurban di lingkungannya. Prioritas utama dalam menentukan titik sebaran yaitu terpencil, miskin, rawan pangan, rawan akidah, serta daerah bencana.

Inilah langkah-langkah tim Qurban Super Barokah (QSB) dalam menunaikan amanah para mudhohi yang menitipkan qurbannya dalam Program Qurban Super Barokah (QSB). Inilah upaya menghadirkan pengelolaan Qurban yang lebih baik.

photo_2017-08-05_08-31-51

Mari titipkan saham Qurbannya bersama Pusat Zakat Umat, Insyaalloh amanah dan menjangkau pelosok, menebar berkah sesuai syariat. (*)