Mengulangi Ihram dari Tan'im Karena Ragu Sah dan Tidaknya Umrah

0
45

KEPUTUSAN XII

SIDANG DEWAN HISBAH 25-26 AGUSTUS 2015

TENTANG

MENGULANGI IHRAM DARI TAN’IM

KARENA RAGU SAH DAN TIDAKNYA UMRAH

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Dewan Hisbah Persatuan Islam setelah:

MENGINGAT:

Hadis-hadisNabi SAW sebagaiberikut :

عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ وَقَّتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَهْلِ الْمَدِينَةِ ذَا الْحُلَيْفَةِ وَلِأَهْلِ الشَّأْمِ الْجُحْفَةَ وَلِأَهْلِ نَجْدٍ قَرْنَ الْمَنَازِلِ وَلِأَهْلِ الْيَمَنِ يَلَمْلَمَ فَهُنَّ لَهُنَّ وَلِمَنْ أَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِ أَهْلِهِنَّ لِمَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ فَمَنْ كَانَ دُونَهُنَّ فَمُهَلُّهُ مِنْ أَهْلِهِ وَكَذَاكَ حَتَّى أَهْلُ مَكَّةَ يُهِلُّونَ مِنْهَا

Dari Thawus dari Ibnu Abas R.a, ia berkata,”Rasulullah saw. menetapkan miqat (batas tempat-tempat ihram); Dulhulaifah untuk penduduk Madinah, Juhfah untuk penduduk Syam, Qarnul manazil untuk penduduk Najd, dan untuk penduduk Yaman adalah Yalamlam. Maka semua miqat itu bagi penduduk kawasan masing-masing dan siapa pun yang melewatinya yang bukan penduduknya. Hal ini bagi siapa pun yang berniyat haji dan umrah. Maka penduduk yang berada di kawasan lebih dekat ke Mekah dari padanya, maka ihramnya di rumahnya, jadi demikianlah sehinga penduduk Mekah berihram daripadanya (mekah).” H.r. Musnad Ahmad bin Hanbal, I:284,no.2128, Al-Bukhari, IV : 11: no. 1526, Sahih Muslim, IV:5,no.2860.

 

حَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ لَمَّا فُتِحَ هَذَانِ الْمِصْرَانِ أَتَوْا عُمَرَ فَقَالُوا يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّ لِأَهْلِ نَجْدٍ قَرْنًا وَهُوَ جَوْرٌ عَنْ طَرِيقِنَا وَإِنَّا إِنْ أَرَدْنَا قَرْنًا شَقَّ عَلَيْنَا قَالَ فَانْظُرُوا حَذْوَهَا مِنْ طَرِيقِكُمْ فَحَدَّ لَهُمْ ذَاتَ عِرْقٍ

Dari Nafi dari Ibnu Umar R.a, ia berkata,”Ketika dua negara ini ditundukkan. Umar bin Al-Khathab datang. Mereka berkata,’Wahai Amirul mukminin, sesungguhnya Rasulullah saw. menetapkan batas (miqat) untuk penduduk Najd itu Qornul manazil, itu terlalu jauh dari jalan kami, maka jika kami memaksakan melalui Qurnul manazil hal itu sangat mengysahkan kami? Ia menjawab,’Lihatlah oleh kalian garis lurus antara dua miqat dari jalan kalian. Maka mereka menetapkan garis Zat iraq.’” H.r. Sahih Al-Bukhari, IV:19,no.1531,

عَنْ قَتَادَةَ أَنَّ أَنَسًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَخْبَرَهُ قَالَ اعْتَمَرَرَسُولُاللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ عُمَرٍكُلَّهُنَّ فِي ذِي الْقَعْدَةِ إِلَّا الَّتِي كَانَتْ مَعَ حَجَّتِه ِعُمْرَةً مِنْ الْحُدَيْبِيَةِ فِي ذِي الْقَعْدَةِ وَعُمْرَةً مِنْ الْعَامِ الْمُقْبِل ِفِي ذِي الْقَعْدَةِ وَعُمْرَةً مِنْ الْجِعْرَانَةِ حَيْثُ قَسَمَ غَنَائِمَ حُنَيْنٍ فِي ذِي الْقَعْدَةِ وَعُمْرَةً مَعَ حَجَّتِهِ

Dari Qatadah bahwasannya Anas r.a mengabarinya, ia berkata,”Rasulullah saw. ber-umrah empat kali semuanya pada bulan Zulqa’dah kecuali umrah yang dilaksanakan pada haji beliau,:satu umrah dari Hudaibiyah, satu umrah pada tahun berikutnya, satu umrah dari Ji’ranah ketika membagikan ganimah Hunain, dan satu umrah lagi umrah bersama haji.” H.r. Sahih Al-Bukhari, X : 210, no. 4148.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَا نُرَى إِلَّا أَنَّهُ الْحَجُّ فَلَمَّا قَدِمْنَا تَطَوَّفْنَا بِالْبَيْتِ فَأَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَمْ يَكُنْ سَاقَ الْهَدْيَ أَنْ يَحِلَّ فَحَلَّ مَنْ لَمْ يَكُنْ سَاقَ الْهَدْيَ وَنِسَاؤُهُ لَمْ يَسُقْنَ فَأَحْلَلْنَ قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا فَحِضْتُ فَلَمْ أَطُفْ بِالْبَيْتِ فَلَمَّا كَانَتْ لَيْلَةُ الْحَصْبَةِ قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ يَرْجِعُ النَّاسُ بِعُمْرَةٍ وَحَجَّةٍ وَأَرْجِعُ أَنَا بِحَجَّةٍ قَالَ وَمَا طُفْتِ لَيَالِيَ قَدِمْنَا مَكَّةَ قُلْتُ لَا قَالَ فَاذْهَبِي مَعَ أَخِيكِ إِلَى التَّنْعِيمِ فَأَهِلِّي بِعُمْرَةٍ ثُمَّ مَوْعِدُكِ كَذَا وَكَذَا قَالَتْ صَفِيَّةُ مَا أُرَانِي إِلَّا حَابِسَتَهُمْ قَالَ عَقْرَى حَلْقَى أَوَ مَا طُفْتِ يَوْمَ النَّحْرِ قَالَتْ قُلْتُ بَلَى قَالَ لَا بَأْسَ انْفِرِي قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا فَلَقِيَنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ مُصْعِدٌ مِنْ مَكَّةَ

Dari Aisyah R.a, bahwasannya kami keluar bersama Nabi saw. dan tidak diberi pandangan selain untuk berhaji. Ketika kami tiba, kami pun berthawaf di baitullah. Lalu Nabi saw. menyuruh siapa pun yang tidak membawa hadyuagar bertahallul, maka bertahalul. Dan siapa pun yang tidak membawa hadyu serta istrinya pun tidak membawa hadyu, meeka bertahalllul. Aisyah berkata,’Lalu Aku haid sedankan belum thawaf di baitullah, malam itu malam bermalam di Hasbah.’ Ia berkata,’Wahai Rasulullah, orang-orang akan pulang dengan haji dan umrah sementara aku akan pulang hanya dengan haji?’ Rasulullah menjawab,’Apakah benar engkau tidak tawaf pada malam-malam kita datang ke Mekah?’ Aku menjawab,’Tidak,’ Beliau bersabda,’Pergilah bersama sodaramu (Abdurahman bin Abu Bakar) ke Tan’im, lalu ber-ihlal ihram-lah dengan Umrah, lalu janjimu begini dan begitu.’ Shafiyah berkata,’Saya tidak berpikiran selain akan menahan (kepulangan) mereka.’ Rasulullah saw. bersabda,’Ada-ada saja, apakah engkau tidak thawaf ifadhah pada hari Nahr?’ Aku menjawab,’Sudah’ Beliau bersabda,’pulanglah,’ Aisyah R.a berkata,’Maka Nabi saw. menemuiku waktu beliau mendaki Mekah.” Sahih Al-Bukhari,IV:66,no.1561.

عَنْ أَبِى الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ – رضى الله عنه – …ثُمَّ دَخَلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَلَى عَائِشَةَ – رضى الله عنها – فَوَجَدَهَا تَبْكِى فَقَالَ « مَا شَانُكِ ». قَالَتْ شَانِى أَنِّى قَدْ حِضْتُ وَقَدْ حَلَّ النَّاسُ وَلَمْ أَحْلِلْ وَلَمْ أَطُفْ بِالْبَيْتِ وَالنَّاسُ يَذْهَبُونَ إِلَى الْحَجِّ الآنَ. فَقَالَ « إِنَّ هَذَا أَمْرٌ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ فَاغْتَسِلِى ثُمَّ أَهِلِّى بِالْحَجِّ ». فَفَعَلَتْ وَوَقَفَتِ الْمَوَاقِفَ حَتَّى إِذَا طَهَرَتْ طَافَتْ بِالْكَعْبَةِ وَالصَّفَا وَالْمَرْوَةِ ثُمَّ قَالَ « قَدْ حَلَلْتِ مِنْ حَجِّكِ وَعُمْرَتِكِ جَمِيعًا ». فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى أَجِدُ فِى نَفْسِى أَنِّى لَمْ أَطُفْ بِالْبَيْتِ حَتَّى حَجَجْتُ. قَالَ « فَاذْهَبْ بِهَا يَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ فَأَعْمِرْهَا مِنَ التَّنْعِيمِ ». وَذَلِكَ لَيْلَةَ الْحَصْبَةِ.

Dari Abu Az-Zubair dari Jabir bin Abdulah R.a, …Kemudian Rasulullah saw. menemui Aisyah R.a, dan beluiau mendapatkannya sedang menangis, beliau bertanya, mengapakah engku?’ Ia menjawab,’Sesungguhnya aku sedang berhaid sedeangkan orang-orang sudah bertahallul sedangkan saya belum bertahallul dan belum thawaf di baitullah. Sedangkan orang-orang akan pergi mengerjakan haji sekarang ini.’ Beliau besabda,’Hal ini adalah ketetapanAllah swt. kepada anak-anak peempuan Adam. Mandiilah dan berihramlah dengan haji. Maka Aisyah pun melakukannya dan datangi setiap tempat peribadahan haji. Sehingga ketika ia bersih dari haid, Aku Berthawaf di baitullah dan sai antara shafa dan Marwah.’ Lalu Rasulullah saw. bersabda,’Engkau sudah halal dari haji dan umrahmu seluruhnya.’ Aisyah berkata,’Wahai Rasulullah, Saya rasakan dalam hati, bahwa saya belum thawaf di baitullah sampai saya berhaji.’ Rasulullah saw. bersabda,’Wahai Abdurrahman, bawalah ia dan umrahkanlah dari Tan’im.’” Sahih Muslim, IV :35,no.2996.

Pada hadis lainnya Raslullah saw. menggunakan kata-kata,”

« يُجْزِئُ عَنْكِ طَوَافُكِ بِالصَّفَا وَالْمَرْوَةِ عَنْ حَجِّكِ وَعُمْرَتِكِ ».

Sudah cukup bagimu thawafmu di Shafa dan Marwah untuk haji dan umrahmu.”Sahih Muslim,IV:34, no.2993.

 

MEMPERHATIKAN :

  1. Sambutan dan pengarahan dari Ketua Dewan Hisbah KH.MuhammadRomli
  2. Sambutan dan pengantar dari Ketua Umum PP Persis yang diwakili oleh Ketua Bidang Tarbiyah KH. Aceng Zakaria
  3. Makalah dan pembahasan yang disampaikanoleh KH. Wawan Shafwan Sholehudin
  4. Pembahasan dan penilaian dari anggota Dewan Hisbah terhadap masalah tersebut di atas.

 

MENIMBANG :     

  1. Ihram umrah dari miqat hukumnya wajib.
  2. Miqat untuk penduduk luar mekkah sudah ditentukan.
  3. Ibadah umrah harus dilaksanakan seluruh rukunnya.
  4. Tidak boleh ada keraguan dalam ibadah.
  5. Sering terjadi adanya keraguan dalam pelaksanaan salah satu rukun umrah.
  6. Perlu kejelasan dan ketegasan hukum bagi yang ragu akan keabsahan ibadah umrah, apakah harus mengulangi umrahnya atau hanya mengulangi rukuny ang diragukan.

 

Dengan demikian Dewan Hisbah Persatuan Islam

MENGISTINBATH :

Bagi penduduk luar Mekkah apabila ragu akan keabsahan umrahnya setelah tahallul, harus mengulangi umrahnya dan berihram dari Tan’im.