Musyawarah Wilayah ke-1 Sumatera Utara Pemudi Persis

0
98

Kunjungan kerja PP Persis bersama tiga bagian otonom – Persistri, Pemuda dan Pemudi pada tanggal 6-9 Juni ke daerah Medan dan Aceh membawa dua agenda besar, yaitu menghadiri Musyawarah Wilayah Sumut dan melihat kondisi pengungsi Ronghiya di Aceh. Rombongan yang mengikuti kunjungan tersebut berjumlah tujuh orang dari PP Persis Dr. Dodi S. Truna, MA., (ketua Bidang Jam’iyyah), dari PP Persistri Hj. Maesaroh AZ, (ketua Bidang Dakwah) dan Lia Yuliani, M. Ag., (ketua Bidang Jam’iyyah) dan Resya Nurhaeti, S. Psi., (ketua Bidang Maliyyah), dari PP Pemuda Muslim Nurdin, M. Hum. (ketua Bidang Jam’iyyah) dan dari PP Pemudi Hj. Gyan Puspa Lestari, Lc. M. Pd. (ketua umum) dan Inna Hahafiah, S.Pd. (Sekretaris Jenderal).

Rombongan tiba di Bandara Kualanamu-Medan pada pukul 13.15 setelah kurang lebih waktu perjalanan dua jam lamanya. Agenda pertama yang direncanakan akan ada acara pengarahan kejam’iyyahan dari PP Persis akhirnya urung dilakukan, dikarenakan jarak tempuh sebagian peserta Muswil sangat jauh dari lokasi kegiatan. Agenda selanjutnya menghadiri acara Musyawarah Wilayah Sumut, Persis Musywil ke-5, Persistri ke-3 dan Pemudi ke-1. Agenda Musywil dilaksanakan Ahad, 7 Juni 2015/19 Sya’ban 1436 H di Asrama Haji Medan. Adapun tema yang diusung pada Musywil kali ini yaitu: “Dengan Musywil ini Kita Hidupkan Nilai-nilai Islam di Tengah Lingkungan Keluarga dan Masyarakat”. Peserta yang hadir kurang lebih berjumlah 250 orang yang terdiri atas anggota dan simpatisan Persis, Persistri dan Pemudi. Acara musywil ini dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara; Bapak H. Gatot Pujo Nugroho, ST., MSi.

Pelaksanaan Musywil Sumut Pemudi Persis sendiri dilaksanakan di gedung Khandak. Acara diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PP Pemudi Persis, Inna Hanafiah, S.Pd. sekaligus sharing informasi terkait motivasi kehadiran peserta dan perkenalan antar peserta yang hadir dari berbagai Kabupaten dan Kecamatan di Sumatera Utara. Dari Kabupaten Medan berjumlah 12 orang, dari Kabupaten Deli Serdang 1 orang, dari Torgamba 2 orang, dari Perdagangan 4 orang dan dari Tanjung Tiram 1 orang. Sehingga jumlah total peserta Musywil sebanyak 20 orang. Dari keduapuluh orang tersebut yang terpilih secara aklamasi sebagai ketua Pimpinan Wilayah Sumatera Utara masa jihad 2015-2018 bernama Junairah, Lc. Dari daerah Medan.

Pelaksanaan Musywil Sumut Pemudi Persis sendiri dilaksanakan di gedung Khandak. Acara diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PP Pemudi Persis, Inna Hanafiah, S.Pd. sekaligus sharing informasi terkait motivasi kehadiran peserta dan perkenalan antar peserta yang hadir dari berbagai Kabupaten dan Kecamatan di Sumatera Utara. Dari Kabupaten Medan berjumlah 12 orang, dari Kabupaten Deli Serdang 1 orang, dari Torgamba 2 orang, dari Perdagangan 4 orang dan dari Tanjung Tiram 1 orang. Sehingga jumlah total peserta Musywil sebanyak 20 orang.

Dari keduapuluh orang tersebut yang terpilih secara aklamasi sebagai ketua Pimpinan Wilayah Sumatera Utara masa jihad 2015-2018 bernama Junairah, Lc. Dari daerah Medan.

Acara dilanjutkan dengan Ma’ruf Anggota. Materi yang disampaikan meliputi; Dinul Islam, Kejam’iyyahan dan Sirah Jihad Pemudi Persis. Keseluruhan materi disampaikan langsung secara sederhana oleh Ketua Umum PP Pemudi. Agar lebih menarik acara diselingi ice breaking yang dipandu oleh Inna Hanafiah sekaligus mereview materi-materi yang telah disampaikan sebelumnya.   Kemudian dilanjutkan dengan pengisian formulir keanggotaan dan sesi foto. Lalu dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Pimpinan Cabang dan Pimpinan Daerah. Terpilihlah sebagai Ketua Pimpinan Cabang Torgamba; Yulia Mir’atu Nisah, ketua Pimpinan Cabang Perdagangan; Dwi Anggaini, ketua Pimpinan Daerah Medan; Junairah,Lc, ketua Pimpinan Daerah Dewi Serdang; Susanti. Setelah selesai menyusun tasykil acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan terkait program kerja, baiat dan penutupan.