PD Pemuda Persis Kab.Bandung Gelar Pelatihan Penanggulangan Pertama Gawat Darurat

Dipublish pada 31 Agustus 2016 Pukul 15:15 WIB

389 Hits

Bandung – persis.or.id, PD Pemuda Persis Kabupaten Bandung menggelar pelatihan dasar-dasar dalam kerelawanan dengan tema Penanggulangan Pertama Gawat Darurat, bersama SIGAB Persis, Ahad (28/8) di kantor PD Persis.

“Tujuan acara tersebut untuk mencetak pemuda supaya lebih peka terhadap sosial karena berdakwah itu bisa dengan segala cara salah satunya gerakan sosial karena sosial itu bukan tahniah dan ta’ziyah”, tutur Hadi Hilman.

photo_2016-08-31_15-11-58Para peserta terdiri dari dari delegasi-delegasi PC Pemuda Persis se-Kabupaten Bandung. Peserta dilatih agar bisa memiliki skill tanggap darurat dan bencana. “Ini merupakan teknik-teknik yang pertama kali harus dilakukan oleh relawan ketika melihat suatu musibah dan terdapat ada korban”, ujar Hadi. Para peserta mengikuti simulasi penanganan korban ketika pingsan dan pengangkatan korban yang dilakukan oleh satu orang relawan atau lebih.

Dalam kegitan tersebut dibahas 3 poin utama yang perlu dipahami dan dikuasai oleh setiap peserta;

Pertama, Pra Bencana. Peserta diharapkan bisa memberikan pengertian kepada warga atau penduduk di sekitar daerah rawan bencana supaya bisa melakukan tindakan pada daerah rawan bencana supaya bisa melakukan tindakan preventif yaitu ketika ada bencana warga bisa menyelamatkan diri dan mengurangi resiko adanya korban jiwa, contoh ketika terjadi gempa maka warga di himbau untuk mengaman diri ketempat terbuka yang lebih aman atau bisa juga mengamankan diri ke tempat yang kuat dan kokoh dari puing-puing reruntuhan.

Kedua, Tanggap darurat ketika terjadi bencana. Setiap peserta dibekali skill agar bisa menolong orang yang terkena bencana dengan cara menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh korban, contoh bencana banjir memberikan bantuan dan menyiapkan segala sesuatu yang bisa kita bantu kepada korban seperti menyiapkan tempat aman sementara dan bahan pokok untuk korban.

Ketiga, Tindakan pasca benca. Peserta dilatih agar bisa mengadakan recovery atau perbaikan dan pengobatan juga trauma healing kepada korban, selain dari itu pembuatan posko bencana diadakan setelah adanya data faktual dan akurat setelah dilakukan assessment oleh relawan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PD Pemuda Persis dan SIGAB Persis ini merupakan upaya untuk membangun  jiwa para pemuda yang tak sekedar memiliki intelektualitas, namun juga berdaya guna dan peduli terhadap lingkungan maupun orang-orang disekitarnya. (TG/CYJ)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?