Pembinaan dan Pelantikan PW Yogyakarta

Pembinaan dan Pelantikan PW Yogyakarta

SHARE

Perjalanan malam pukul 21.00 (Kamis,2/6/2016) , dimulai dari kantor pusat PP Persis Jl. Perintis Kemerdekaan no. 2-4 Bandung, rombongan yang terdiri dari Ust. Sulwan, USt. Salam, Ust. Asep, Ust. Dody, didampingi Pa Henry dan Mang Yanto melaju menuju Yogyakarta, untuk merealisasikan rencana yang telah dicita-citakan selama ini yaitu hadirnya Persis di Provinsi Yogyakarta. Pembentukan Persis pun tidak hanya berkisar di pulau Jawa, pada periode lalu Bidang Jamiyyah PP Persis telah membidik Papua karena disana terdapat potensi mendirikan PW Persis. Pembentukan Persis di setiap daerah  adalah rencana panjang, yang mana pada tahun 2010 kegiatan ini sudah dilakukan secara massif yang telah menghasilkan 9 Pimpinan Wilayah, dan beberapa bulan lalu bertambahn 2 PW sehingga sampai saat ini PP Persis telah memiliki 19 PW di wilayah Indonesia.

Sebelum peresmian PW Yogya, maka Tim PP mengadakan diskusi, dialog bersama calon tasykil PW Yogyakarta bertujuan untuk lebih mematangkan dan sebagai pembekalan dalam pengembangan Jamiyyah Persis, “Semisal akan melihat dalam perspektif politik, implikasi-implikasi politik lainnya dan  kekuatan politik juga positioning jamiyyah ini di pentas politik. Jika kita besar dengan jumlah wilayah banyak maka bisa menjadi daya tarik. Begitupun di Yogya, jika sudah terbentuk sebagai salah satu PW Persis, maka  kita bisa bargianing position dengan kekuatan politik atau ormas lain, atau dengan pemerintah sendiri. Sebagai contoh, karena di beberapa daerah sudah mengetahui Persis sehingga membuka peluang terutama dalam pengembangan kehidupan beragama di provinsi masing-masing” tutur Ust Dody dalam pengantar pembukaan acara Jumat malam (3/6/2016).

Selain itu beliau menyebutkan bahwa setelah dilakukannya pembentukan pada suatu daerah tentu tidak serta merta menjadi besar, tapi perlu adanya pengembangan secara bertahap, sebagaimana yang dilakukan oleh pimpinan wilayah lain seperti  di wilayah Sumatera dan Ambon yang kini terus berupaya mengembangkan Persis lebih baik lagi.  Pola pembentukan yang pernah dibuat yang semula bottom up tapi mulai dari tahun 2010 sampai saat ini PP Persis mengubah pola dengan kebalikannya, dan Alhamdulillah perkembangan daerah  (penambahan wilayah Persis) dan jumlah anggota berkembang pesat.

Pertemuan yang dilakukan pada malam hari tersebut selain dari Ust. Dody, pemaparan disampaikan oleh Ust. Salam. Ust. Sulwan dan Ust Asep yang berakhir sampai hamper larut malam. Pada kesempatan tersebut, tidak hanya calon staf dan anggota Persis Yogyakarta saja tapi dihadiri juga oleh staf PW Pemudi Persis Yogyakarta yang telah dilantik lebih awal pada bulan Mei lalu (Sabtu,7/5/2016). PP Pemudi Persis sangat berterimakasih atas diikutsertakannya kader Pemudi Persis Yogya pada kegiatan pembinaan, selain terus memupuk ghirah juga untuk menambah wawasan kejamiyyahan.

Pembentukan dan Pelantikan

Setelah dilaksanakannya pembinaan pada malam hari, bertempat di Hotel Tirta Sanita, Umbulharjo, pelantikan pun diselenggarakan. Alhamdulillah yang hadir pada kesempatan itu diantaranya aparat pemerintah setempat, kopilisian dan perwakilan Syarikat Islam, dan terpilih Ust. Indra Fajar sebagai ketua PW Persis Yogyakarta masa jihad 2016-2020 dan Ust. Yuyus Yusuf selaku penasihat. Selamat berjuang menghadirkan nafas Qur’an Sunnah di Kota pelajar, semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan dan keshabaran untuk kita semua. Aamien