Pemuda Persis Galang Dana Muktamar Manfaatkan Momen Idul Adha

Pemuda Persis Galang Dana Muktamar Manfaatkan Momen Idul Adha

SHARE

Pelaksanaan Muktamar Pemuda Persis hanya berselang beberapa bulan ke depan saja, yaitu pada 25-27 Desember 2015 di Komplek Pesantren Persis 84 Ciganitri Bandung. Berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk sosialisasi Muktamar melalui berbagai kegiatan antara lain: Liga Futsal dan Lomba Lintas Alam Nasional beberapa bulan yang lalu.

Untuk membiayai semua kegiatan Muktamar sejak sosialisai hingga pelaksanaannya pada hari H nanti tentu dibutuhkan dana yang tidak kecil. Untuk itu sekuat tenaga Pemuda Persis berusaha untuk memenuhi kebutuhan itu.

Sebagai organisasi kader yang berorientasi mempersiapkan kader-kadernya menjadi pribadi yang shaleh, berilmu, dan mandiri Pemuda Persis berusaha untuk mewujudkan misi itu melalui contoh nyata. Salah satunya dalam pendanaan Muktamar ini. “Kami berusaha untuk menjadikan momen Muktamar ini sebagai momen untuk menjadi contoh kepada kader bagaimana kita bisa mewujudkan visi kaderisasi itu,” ujar H. Muslim Nurdin, M.Ag, Ketua Panitia Muktamar Pemuda Persis.

Melalui tim dana usahanya, Penitia Muktamar Pemuda Persis berusaha untuk mewujudkannya. Sudah banyak rencana fund rising yang berbasis pada prinsip kemandirian kader dan jam’iyyah.

Dalam memanfaatkan momen Idul Adha kali ini, panitia berinisiatif menggalang dana melalui penjualan sapi dan kulit hewan qurban. Walaupun persaingan dalam bisnis ini sangat ketat, namun panitia tetap optimis bisa mendulang keuntungan dari sini.

Dalam penjualan sapi, Pemuda Persis bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha sapi dari Lembang, Baleendah, Paseh, Parakanmuncang, dan Tasikmalaya. Pemuda Persis juga membuka depot khusus di Ciganitri. Setiap malam, kader-kader Pemuda Persis yang berada di Kota dan Kabupaten Bandung bergiliran menjaga depot ini.

Selama sekitar sebulan berjualan (26/8-24/9) terjual sekitar 60 ekor sapi. Untuk penjualan pemula, jumlah ini cukup baik di tengah persaingan yang sangat ketat para pedagang sapi di Bandung. Para pembeli umumnya berasal dari jamaah-jamaah Persis sekitar Kota dan Kab. Bandung.

Sesuai dengan rencana lanjutannya, fund rising dilanjutkan dengan pembelian kulit hewan qurban. Kulit-kulit jewan qurban juga dibeli dari jamaah-jamaah Persis di berbagai cabang di Kota dan Kab.Bandung, juga Kab. Bandung Barat saat Idul Adha 24/9/2015.

Dari empat armada pengangkut, terkumpul sekitar 440 lembar kulit sapi dengan berat lebih dari 10 ton dan 276 kulit domba. Selanjutnya, kulit-kulit ini dijual ke bandar besar yang biasa membeli kulit untuk kemudian dimasukkan ke pabrik-pabrik di berbagai kota.

Walaupun kegiatan menjelang Muktamar ini sangat melelahkan, namun banyak sekali nilai plus yang didapat. Soal keuntungan memang sangat relatif sifatnya. Akan tetapi benefit berupa kebersamaan, militansi, dan pelajaran kemandirian bagi kader tidak ternilai harganya. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, semangat jihad kader-kader Pemuda Persis dalam memperjuangkan Islam semakin kokoh.