Perpustakaan Jalanan: Ikhtiar Menumbuhkan Semangat Membaca

Dipublish pada 26 Juni 2016 Pukul 06:50 WIB

207 Hits

Bandung Barat - persis.or.id, Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam Kabupaten Bandung Barat menggelar buku di tepi jalan sekitar Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan menggelar buku di jalanan ini cukup unik. Apalagi jika digagas oleh sgelintir orang yang masih muda. Biasanya kebanyakan orang muda sukanya jalan-jalan, main, nongkrong. Tapi ini malah memilih menggelar buku di jalanan sambil berdiskusi.

tmp_21840-IMG_20160626_063901-1876312631

Kegiatan ini berlangsung sudah sejak tiga bulan yang lalu jawab Risan ketua PD Hima Persis KBB melalui ponselnya. Ia menjelaskan bahwa perpus jalanan diinisiasi karena terinspirasi dari madrasah advokasi yang diadakan PW Hima Persis Jabar beberapa bulan yang lalu.

Risan dan kawan-kawan merasa tertantang untuk memikirkan masa depan daerahnya. Pada akhirnya muncullah ide perpus jalanan, sebab ia memotret isu pendidikan. Dari sana ia melihat belum ada fasilitas baca berbentuk perpus atau yang lainnya di KBB. Sehingga ia ingin memunculkan kesadaran betapa pentingnya perpus untuk menyokong pendidikan. Terlebih menumbuhkan semangat pembacanya. Sebab jika perpus ada tapi pembacanya tidak ada juga percuma.

Ditanya soal respon dari pengguna jalan, Risan menjawab cukup baik, bahkan ada yang membantu menyediakan tempat dan lahan gelar buku.

Adapun buku yang disediakan adalah buku dari anggota Hima Persis, sembari menunggu donasi buku lainnya ucapnya. Tempat gelarnya berpindah-pindah dengan segmentasi pembaca umum. Membaca adalah awal untuk memperbaiki sederet permasalahan yang dihadapi KBB pungkasnya. (/ATN)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?