Persis Bogor Ikuti Daurah Da'i Asia di Kuala Lumpur Malaysia

0
91

Bogor – persis.or.id, Pimpinan Daerah (PD) Persis kota Bogor mengikuti kegiatan Dauroh Da’i Asia yang diinisiasi oleh Islamic Information Centre (IIC) bertempat di Kuala Lumpur – Malaysia pada hari senin (27/03/2017).

Dari Bogor, Perwakilan PD Persis berangkat bersamaan dengan tamu undangan yang lain, diantaranya rombongan Majlis Taklim dari Kota Bogor, Aliansi Nasional Anti Syi’ah (ANNAS), Pengurus GNPF MUI Kota Bogor, dan yang lainnya.

Acara tersebut diselenggarakan selama 4 hari oleh Muslim Youth Movement Of Malaysia atau Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM), dalam rangka sosialisasi program kegiatan dan menjalin ukhuwah dengan Lembaga lain yang berfokus kepada dakwah mensyiarkan Islam.

Sejak didirikan pada tahun 1971 di Fakultas Pengajian Islam –
Universitas Kebangsaan Malaysia, oleh Ustadz Abdul Wahab Abdullah bersama koleganya Datuk Fauzi Abdul Rahman, ABIM menjadi lembaga belia dan gerakan Islam yang memiliki prinsip utamanya adalah dakwah dan tarbiyah.

Selain itu, ABIM memiliki Visi yang juga tercatat di laman web resminya (www.abim.my) yaitu menjaga dan memupuk ukhuwah Islamiyyah di dalam dan di luar gerakan sama ada didalam maupun di luar negeri serta bekerjasama dengan lembaga Islam yang benar-benar mendukong cita-cita Islam.

Dalam wawancara, Ramdoni yang menjadi Perwakilan PD PERSIS Kota Bogor menuturkan pengalamannya. “Setibanya kami di bandara Malaysia, kami dijemput oleh pengurus ABIM untuk menuju Kantor Pusatnya di Kuala Lumpur. Sekitar pukul 15 lebih kurang waktu malaysia (atau sekitar pukul 14 WIB) kami tiba di sekretariat ABIM”, ungkapnya.

Ramdoni melanjutkan sesampainya di lokasi, kegiatan pertama yang dilakukan adalah ramah tamah dan perkenalan dengan pihak ABIM.

photo_2017-04-12_13-10-27“Pada kesempatan tersebut Saudara Fahmi selaku Sekretaris ABIM menjelaskan tentang keberadaan organisasi tersebut yang memiliki garapan khusus, yaitu program Islamisasi tour bagi turis Manca Negara”, ujar Ramdoni.

Dalam praktiknya, semua turis Manca Negara yang berkunjung ke Malaysia akan diarahkan untuk mengunjungi Masjid, pihak pengurus Masjid pun telah menyiapkan segala sesuatunya, seperti pakaian khusus untuk turis yang tidak menuup aurat.

Mereka diwajibkan memakai pakaian yang serupa dengan pakaian ICU ditambah kerudung. Selain mengunjungi Masjid, Turis pun diajak melihat galeri penjelasan tentang rukun Islam dan rukun Iman.

Diakhir kegiatan, seluruh tamu undangan dari Indonesia dijamu makan malam oleh pengurus ABIM. Tetapi sebelumnya diadakan diskusi ringan terlebih dahulu, sebagai permulaan H.Abdul Halim selaku Ketua IIC menyampaikan kondisi umum di Indonesia.

Selanjutnya, Mohammad Naim Mohammad Nur selaku Wakil Presiden ABIM, dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia sudah sangat dekat dengan hati pengurus ABIM.

“Kami sudah beberapa kali ke Indonesia khususnya ke kantor Dewan Dakwah. Kami banyak dapat ilmu dari Pak Natsir”, ucap Naim

Di sesi berikutnya, Ramdoni yang juga menjadi tasykil di PD Persis Kota Bogor, mewakili PERSIS memberikan pemaparan mengenai jam’iyyah.

“Seperti halnya di Bandung sebagai pusat, PERSIS Kota Bogor pun memiliki bagian otonom, PERSISTRI untuk para istri-istri, PEMUDA dan PEMUDI untuk generasi mudanya, juga HIMA dan HIMI untuk Himpunan Mahasiswanya”.

Ramdoni menambahkan, “Keberadaan PERSIS Kota Bogor sejajar dengan ormas-ormas lain, dan PERSIS pun aktif berkonsolidasi dengan ormas yang lain, ada wakil PERSIS di beberapa gerakan lain seperti ANNAS, Ada wakil PERSIS juga di MUI”.

“Bahkan pada Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Ketua PD PERSIS Kota Bogor beserta Ulama lain ikut beraudiens dengan pimpinan DPR terkait kasus penistaan agama”, jelas Ramdoni.

Diakhir sambutannya, Ramdoni menyampaikan dengan nada humoris “saya katakan kurang afdhol kalau kenal dengan Pak Natsir tapi tidak kenal dengan PERSIS. Sepertinya Kurang SYAH”. Kemudian disambut tawa dan tepuk tangan dari para hadirin. (/IS)

 

***

Reporter: Iwan Sahrudin