Persis dan Kemajuan Teknologi Informasi

Persis dan Kemajuan Teknologi Informasi

SHARE

Di zaman era globalisasi dan serba teknologi, peran teknologi sangatlah berpengaruh untuk segala sektor baik media ilmu, media pekerjaan dan begitupun media dakwah. Di era teknologi ini, sebagian besar masyarakat menggunakan teknologi untuk media social, begitu banyak media social yang digandrungi masyarakat seperti facebook, twitter, instagram, web dan masih banyak lagi.

Mereka menggunakan media social tersebut dengan berbagai cara bisa hanya untuk main-main, mencari teman, berdagang, bertukar informasi hingga berdakwah yang sangat ini viral dilakukan banyak orang.

Saat ini pengetahuan dan penerepan (implemantasi) teknologi informasi sangat urgent, tidak terkecuali di dunia da’wah. Bahkan dengan pemnfaatan teknologi informasi Persis bisa meningkatkan efektifitas da’wahnya.

Kita ketahui di Indonnesia peran teknologi terkhusus media internet  dan media social sangat berperan penting bahkan ke ranah politik, hukum dan dakwah.

Persis merupakan salah satu organisasi islam yang sudah mengedepankan manfaat internet dengan membuat beberapa official web maupun media social untuk memberikan segala informasi yang berkaitan dengan Persatuan Islam diantaranya web persis.or.id yang memberikan semua informasi dari kegiatan, berita sehingga hal-hal yang berkaitan dengan kejadian yang sedang hangat dibicarakan dan semua aktivitas Persis

Selain itu ada juga media instagram seperti @info_persis @persisphotografhy @persisdakwart dan masih banyak lagi. Dengan adanya beberapa official tersebut memberikan dampak positif bagi semua otonom persis, bisa saling bertukar informasi dan mempererat silaturahmi antara semua anggota persisdari seluruh Indonesia bahkan diluar Indonesia.

Dengan pemanfaatan teknologi informasai setidaknya ada dua dampak positif, Pertama : semakin luas-nya audience (mustami’) tanpa ada batasan-batasan geografis. Orang-orang dimana saja bisa mengakses da’wah dari Asatidz Persis asalkan dia terhubung ke fasilitas teknologi informasi, contoh streaming youtube, media social, portal-portal da’wah Persis dll. Kedua , Semakin cepat penyebaran da’wah.

Jika dahulu da’wah dilakukan dari masjid ke masjid, pesantren ke pesantren, saat ini dengan teknologi informasi materi da’wah bisa dengan cepat sampai kepada mustami’ secara luas dan bisa diakses kapan saja asalkan masih tersimpan di jejaring media online.

“Jam’iyyah secara keselurahan diharapkan adaptif dan adoptif terhadap ledakan perkembangan teknologi informasi ini” menurut salah satu pakar IT Kominfo Pemuda Persis Zamzam Badruzaman.

Maka dari itu teknologi dijaman era globalisasi ini merupakan salah satu poin penting dalam menyebarkan dakwah dan ilmu yang sudah dilakukan Persatuan Islam, yang terpenting kita sebagai pengguna bisa menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik dan benar.

 

***

Ditulis oleh: Rani Nurul, Pemudi PJ Burujul, PC Margaasih