Pesantren Persis 67 Benda, Salah Satu Percontohan Pesantren Persis untuk Pelayanan Kesehatan...

Pesantren Persis 67 Benda, Salah Satu Percontohan Pesantren Persis untuk Pelayanan Kesehatan Santri

SHARE

Bandung – persis.or.id, Pesantren Persis no. 67 Benda Tasikmalaya merupakan salah satu contoh Pesantren Persis yang memiliki pelayanan terpadu untuk kesehatan santrinya.

Selain telah menjalankan program hidup bersih dan sehat (PHBS), Pesantren Persis 67 Benda pun memiliki sebuah klinik agar bisa melayani santri, asatidz dan masyarakat sekitarnya. Klinik Pratama Aminullah dilaunchingkan Pesantren Persis 67 Benda pada 6 Oktober lalu.

Klinik tersebut didirikan untuk pelayanan santri dan kepedulian kepada masyarakat. “Alasan berobat, seringkali dipakai santri untuk kabur. Selain itu, kami pun ingin menyentuh aspek sosial berupa bantuan untuk jamaah Persis dan masyarakat dengan menyediakan pelayanan kesehatan yang holistik dan komprehensif, maka didirikanlah klinik Pratama  Aminullah”, ujar Ust. Asep Abdul Hamid.

photo_2016-11-11_09-27-21Dalam implementasi pelayanan kesehatan santri, Pesantren Persis 67 Benda melakukan upaya promotif dengan program santri husada, penyuluhan kesehatan dan perlombaan bidang kesehatan.

Memahami cukup tingginya stres di asrama karena sarana digunakan bersama, maka Pesantren ini menerapkan pola-pola manajemen kuratif dan preventif.  Salah satu upaya kuratif (penanganan) yakni disediakannya petugas kesehatan untuk mengobati santri yang sakit, pemantauan gizi dan jajanan santri, kerjasama dengan dinkes untuk mengontrol tata ruang sarana, air serta pengelolaan sampah. (HL/TG)