PP Pemuda Persis Sambangi Lampung, Gali Potensi Kader Muara Sungkai dan Anak Tuha

Dipublish pada 13 Agustus 2016 Pukul 16:33 WIB

264 Hits

Lampung – persis.or.id, Pimpinan Pusat Pemuda Persis sambangi lampung untuk mengisi masa ta’aruf di Derah Lampung, tepatnya PD Pemuda Persis Lampung Utara dan PD Pemuda Persis Lampung Tengah pada hari jumat-ahad (5-7/8).

Pemuda Persis sebagai organisasi kader di Jam’iyyah Persatuan Islam mencoba menuai benih-benih kader militan yang telah ditanam oleh Induknya yakni Persis, beberapa tahun ke belakang dari provinsi paling selatan di Pulau Sumatera tepatnya yaitu Lampung. Masa Ta’aruf (Ma’ruf) Pemuda Persis Lampung ini dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda, yaitu di PD Lampung utara Kecamatan Muara Sungkai dan di PD Lampung Tengah Kecamatan Anak Tuha, dengan harapan benih kader-kader Persis akan tumbuh subur dan berkembang menjaga asa mekarnya bunga-bunga Qur’an Sunnah di tanah Sumatera.

tmp_2248-IMG_20160813_161549640142347

Mengawali perjalanan dari Bandung Jawa Barat pada hari Jum’at tanggal 5 Agustus 2016 pukul 08.00 wib, tim ma’ruf Pimpinan Pusat Pemuda Persis yang diwakili oleh al-Ustadz Hamdan Abu Nabhan (Amir Safar), Cepi Hamdan Rafiq, Dadang Muslim, Isma’il Fajar Romdhon, dan Hendi Santika, dengan mengunakan satu unit mobil kijang, tim bisa tiba di Pelabuhan Merak Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, yang kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke kota Bandar Lampung.

Setelah menempuh waktu perjalanan selama ± 12 jam akhirnya tim ma’ruf PP Pemuda Persis tiba sekitar pukul 07.30 di rumah salah satu tasykil PW Persis Lampung Bapak H. Ghazali ditemani oleh ketua Pwk. Pemuda Persis Lampung sdr. Fikri al-Haq dan disambut hangat oleh sesepuh Persis Lampung yaitu Bapak Hilman. Perjalanan tim ma’ruf PP Pemuda Persis ternyata belum usai, setelah rehat sebentar di rumah bapak H. Ghazali perjalanan dilanjutkan menuju ke lokasi ma’ruf I tepatnya di Kecamatan Muara Sungkai daerah pedalaman Lampung utara.

Ma’ruf I Muara Sungkai
Untuk bisa sampai ke lokasi ma’ruf yang pertama ini, tim harus menempuh perjalanan ± 8 jam dari kota Bandar Lampung, itu pun ditempuh melalui rute jalanan berdebu menyusuri ratusan hektar perkebunan tebu sejauh mata memandang, terlebih lagi jalanan tidak dilengkapi dengan penerangan.

Dua kendaraan roda empat yang ditumpangi oleh tim ma’ruf PP Pemuda Persis yang ditemani Pak Hilman di Mobil 1, dan sdr. Hilman Budianto (anggota Pemuda Persis Lampung), H. Ghazali, dan para calon anggota dari Lampung Barat, Way Tebu di Mobil 2, sempat tersesat dulu di area pemukiman penduduk karena perjalanan malam hari, qadarullah akhirnya tim ma’ruf tiba di Ds. Karang Sakti Kec. Muara Sungkai Lampung Utara sekitar pukul 03.30 waktu setempat, dan disambut hangat di rumah Bapak H. Dadang (Pelopor Persis di Muara Sungkai).

Meskipun kondisi tim masih cukup kelelahan, dengan hanya sempat memejamkan mata sejenak satu sampai dua jam, matahari pagi Sabtu 6 Agustus 2016 telah bersinar menemani tim melaksanakan kegiatan Ma’ruf Muara Sungkai. Kegiatan Ma’ruf diawali dengan Pembukaan yang dipimpin oleh sdr. Hilman Budianto (salah satu kader muda Persis Lampung keturunan Tasikmalaya), dilanjutkan oleh sambutan dari PW Persis Lampung yang diwakili oleh Bapak Hilman, PD Pemuda Persis Lampung Utara oleh Kang Aan, dan dibuka secara resmi oleh ketua I PP Pemuda Persis al-Ustadz Hamdan.

Kegiatan Ma’ruf di Muara Sungkai diikuti oleh 5 (lima) orang peserta. Mereka dibekali dengan beberapa materi ma’ruf yang disampaikan langsung oleh tim ma’ruf PP Pemuda Persis, yaitu Tauhid sebagai dasar perjuangan, Fikih Jam’iyyah, Sejarah Pemuda Persis, dan Visi Misi serta Profil Ideal Kader Pemuda Persis. Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi pembai’atan anggota yang dipimpin langsung oleh sdr. Cepi Hamdan Rafiq, dan diakhiri dengan pengisian formulir keanggotaan Pemuda Persis dan pembagian Syahadah Ma’ruf.

Ma’ruf II Anak Tuha
Setelah selesai melaksanakan kegiatan Ma’ruf di Muara Sungkai, tim harus bergegas pergi menuju ke lokasi ma’ruf kedua di daerah Anak Tuha Kab. Lampung Tengah. Dengan hanya membutuhkan waktu ± 3 jam dari Muara Sungkai, tim tiba di Anak Tuha sekitar pukul 20.00 waktu setempat, dan bisa beristirahat untuk sekedar melepas lelah di rumah salah satu anggota Persis Anak Tuha, yang tidak disangka ternyata beliau adalah keturunan Batujajar Kab. Bandung Barat Jawa Barat. Yang kemudian melakukan persiapan sebelum besok harinya Ahad 7 Agustus 2016 dilaksanakan Ma’ruf.

Kegiatan Ma’ruf II Anak Tuha dimulai sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Dalam acara pembukaan ikut memberikan sambutannya, kang Komar (PC Pemuda Persis Anak Tuha), Bapak H. Ghazali (PW Persis Lampung), dan Bapak Hero (PD Persis Lampung Tengah).

Dalam sambutannya kang Komar mengungkapkan kebahagiaannya karena dapat bertatap muka dengan tasykil PW dan PP Pemuda Persis, juga beliau menyampaikan harapannya agar khususnya Pimpinan Wilayah juga Pimpinan Pusat dapat memberikan perhatian lebih kepada Pemuda Persis Anak Tuha agar Pemuda Persis di Anak Tuha ini bisa tetap ada (eksis; red). Pak Hero juga menyampaikan harapannya, bahwa Pemuda Persis di Anak Tuha mendapat pembinaan lebih lanjut agar mereka dapat menjadi generasi pelanjut perjuangan Islam, sehingga diharapkan Persis di Lampung dapat menjadi contoh bagi semuanya.

Lebih lanjut H. Ghazali menambahkan bahwa beliau dan pak Hilman juga pak Roja’i (Ketua PW Persis Lampung) sampai setengah mati ingin mendirikan PW Pemuda Persis Lampung, karena menurutnya sebuah organisasi sangat membutuhkan Pemuda yang merupakan penerus perjuangan, tanpa adanya penerus, perjuangan akan terhenti, dan itu yang sangat dikhawatirkan. Oleh karena itu beliau sangat menyambut baik adanya Ma’ruf ini sampai beliau ikut mendampingi tim dari mulai Ma’ruf di Muara Sungkai sampai ke Anak Tuha.

Alhamdulillah kegiatan Ma’ruf di Anak Tuha diikuti oleh 16 orang peserta, peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan Ma’ruf di Muara Sungkai. Karena memang di Anak Tuha ini jumlah penduduknya jauh lebih banyak, terlebih di sana banyak para perantau dari daerah Jawa, khususnya Jawa Barat. Para peserta disuguhi materi yang tidak jauh beda dengan materi yang disampaikan di Muara Sungkai. Acara dilanjutkan dengan pembai’atan dan pengisian formulir keanggotaan, dan diakhiri dengan pembagian Syahadah Ma’ruf.

Pembinaan Anggota Pasca Training Formal
Selain pelaksanaan Ma’ruf calon anggota Pemuda Persis di Muara Sungkai dan Anak Tuha, disana juga dilaksanakan pembinaan anggota Pasca Training Formal, yang diperuntukkan bagi mereka yang telah dima’ruf, diantaranya ada yang baru dua bulan yang lalu melaksanakan Ma’ruf di kota Bandar Lampung. Juga ada para anggota lainnya yang memang telah lebih dulu menjadi bagian dari anggota Pemuda Persis. Pembinaan langsung dibimbing oleh Ketua II PP Pemuda Persis al-Ustadz Hamdan dengan memberikan materi seputar aqidah, ibadah, dan akhlak. (/CHR)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?