PP Persis Gelar Pemantapan bagi 18 Calon Pembimbing Haji KBIH Qornul Manazil.

PP Persis Gelar Pemantapan bagi 18 Calon Pembimbing Haji KBIH Qornul Manazil.

Dipublish pada 30 Juni 2018 Pukul 00:54 WIB

861 Hits

Bandung - persis.or.id, Sebanyak 18 orang calon pembimbing haji ikuti pemantapan pembimbing haji KBIH Persatuan Islam Qornul Manazil yang diselenggarakan oleh PP Persatuan Islam di Gedung Qornul Manazil Ciganitri Bandung pada Jumat (29/06/2018).

Adapaun isi dari pemantapan dibagi tiga pemateri yaitu oleh ketua bidang dakwah PP Persis KH Zae Nandang, ketua bimbingan haji dan umroh KH  dan sekretaris bidang dakwah KH Nana Supriatna.

KH Zae Nandang menyampaikan tentang masailul hajj berkaitan dengan fiqh ibadah haji dan umroh.

Hal itu bertujuan untuk menemukan masalah-masalah di lapangan yang akan terjadi nanti dan belum ada jwaban terkait permaslahannya.

"ya, seperti sa’i ba’da thawaf ifado dan di Persatuan Islam bahwa sa’i ba’da tahwaf ifado itu tidak ada ini salah satu permasalahn yang dibahas diantara permasalahan-permasalahan lainnya", ujarnya.

Materi kedua disampaikan oleh ketua bimbingan haji dan umroh, KH Anwarudin, menyampaikan masalah etika dan akhlak pembimbing.

Hal itu berkaitan dengan cara pelayanan sebagai pembimbing, karena sebagai pembing adalah pelayan dari para calon jamaah haji nantinya.

"Jadi tidak hanya pebimbing sebagai ibadah saja", tambahnya.

Anwarudin mengarahkan untuk menjadi pembimbing yang baik agar mempunyai kesan baik kepada jamaah haji.

Materi ketiga disampaikan oleh sekretaris bidang dakwah, KH Nana Supriatna, beliau pada kesempatan tersebut menyampaikan tugas pokok para calon pembimbing yaitu tugas-tugas yang lebih teknis, cara mengatasi maslah yang terjadi di lapangan, contohnya cara bernegosisasi dengan para muasasa  dan mengatasi masalah-masalah lainnya yang akan terjadi di lapang nantinya.

Nana juga menekankan bagaimana tugas para karom (ketua rombomgan) dan karu (ketu regu) serta bertanggung jawab kepada siapa para karom dan karu itu.

Selain mendengarkan materi, 18 orang calon pembimbing ibadah haji juga melaksanakan praktek manasik yang dipimpin oleh KH Nana supriatna.

KH Uus M Ruhyat yang juga ketua HMK PP Persis pada musim haji 2018 ini diamanahi sebagai pembimbing utama kloter 67 dan ust Wawa Suryana pembing utama kloter 59. (TG/HL)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?