Program Kerja Ketua I PP Pemuda Persis dan Bidang-bidangnya

Dipublish pada 25 Desember 2017 Pukul 16:11 WIB

270 Hits

Bandung – persis.or.id, Ketua I Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Persis, Muslim Nurdin bersama Sekretaris, Hikmat Ramdani, membawahi tiga bidang, bidang jam'iyyah; Yayan Heryana,  bidang dakwah; Gugum Gunawan dan bidang administrasi; Indra Muttaqin.

Program utama Ketua I adalah melakukan pengawasan kepada seluruh anggota di jam`iyyah Pemuda Persis. Dari tahun pertama sampai tahun ke 3 ini pendataan keanggotaan terus dilakukan secara massif.

Di antara program bidang-bidang di ketua I adalah;

Bidang Jam`iyyah
Program unggulan dari bidang jam`iyyah di tahun ke 3 adalah: mengupayakan adanya Pimpinan Wilayah dan Pimpinan di bawahnya. Hal ini dilakukan mengingat induk organisasinya, PP. Persis sudah memiliki 22 Pimpinan Wilayah se-Indonesia. Sejatinya perwakilan Pemuda Persis pun bisa mencapai angka tersebut, atau minimalnya setengah dari angka PP. Persis.

Program ini dilakukan di tahun ke 3, karena untuk tahun ke 1 dan 2 PP. Pemuda Persis lebih fokus melakukan monitoring dan controling ke pimpinan di bawahnya. Hasil dari monitoring itulah bidang jam`iyyah menilai di tahun ini sudah cukup waktunya untuk membentuk pimpinan di bawahnya, tentu dengan support SDM Pemuda Persis yang ada di daerah masing-masing.

Tahun 2018-2019 yang akan datang, bidang Jam`iyyah dituntut untuk lebih ekstra mengawasi keadaan jam`iyyah dan anggota di bawahnya, mengingat tahun tersebut adalah tahun politik di Indonesia.

Bidang Dakwah
Program Bidang Dakwah PP. Pemuda Persis lebih banyak program sinergitas dengan Bidang Dakwah Persis, di antaranya; pengiriman du`at Persis ke berbagai luar jawa, baik yang sudah ada Pimpinan Wilayah Persis ataupun yang belum ada.

Program ini menjadi program unggulan bidang Dakwah mengingat kafilah du`at yang diutus bisa menjadi “mata-mata” bagi jam`iyyah Persis di Pimpinan Pusat. Untuk angkatan ke VII –tahun 2018- sebanyak 18 du`at Persis dikirimkan ke 12 wilayah yang ada di Jawabarat dan luar jawa, di antaranya; Cibinong, Cianjur Selatan Jawabarat, Cuntel, Jawa Tengah, Magetan, Jawa Timur, Kota Palu, Luwuk Banggai, Sulteng, Hamparan Perak, Sumut, Ambon, Maluku, Malino, Sulsel, Flores, NTT, NTB, dan Sapeken, Madura.

Sementara program baru yang akan digulirkan di tahun ini adalah pengembangan dakwah lewat beberapa madrasah, di antaranya Madrasah Du`at dan Madrasah Tahfizh Al-Quran (MaTaQu) Persis.

Bidang Administrasi
Dari bidang inilah tim ketua I bisa mengetahui progres anggota Pemuda Persis se-Indonesia. Memasuki tahun ke 3 dikepemimpinan ust. Eka Permana Habibillah, tercatat sebanyak 5.720 anggota.

Selain program pengawasan terhadap administrasi jam`iyyah, di tahun ini bidang Administrasi mencoba untuk menyusun database keanggotaan dan potensi jam’iyyah secara keseluruhan. Sehingga keperluan seluruh bidang  yang ada di Pemuda Persis bisa tersalurkan dan diberdayakan berdasarkan kondisi SDM-nya masing-masing.

Berbagai program sudah terlaksana, pun dengan program baru akan segera dilaksanakan. Semoga segala upaya ada dalam naungan dan lindungan Allah SWT. (/Gugum Gunawan)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?