Program Kerja Tim Ketua II PP Pemuda Persis di 2018

Dipublish pada 26 Desember 2017 Pukul 08:45 WIB

21 Hits

Ketua II Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Persis, Abu Nabhan Hamdan bersama Sekretaris, Cepi Hamdan Rafiq, membawahi dua bidang, bidang kaderisasi; Dadang Muslim,  bidang pendidikan; Nashruddin Syarief.

Program utama Ketua II adalah melakukan supervisi terhadap pimpinan di bawah dalam meningkatan kualitas anggota melalui kegiatan halaqah I/II/III pascama'ruf dan pasca Tafiq kepada seluruh anggota di jam`iyyah Pemuda Persis. Karena melalui halaqah tersebut diharapkan para anggota Pemuda Persis menjadi kader pemimpin umat yang sesuai dengan cita-cita yang terbuang dalam visi misi Qaidah Asasi Qaidah Dahulu Pemuda Persis.

Jikalau visi misi ini dijalankan dalam wujud pembinaan secara berkesinambungan maka problem-problem internal maupun eksternal yang selalu menjadi batu sandungan dalam kelancaran berjamiyyah yang selalu berawal dari problem pribadi, sedikit demi sedikit akan dapat diminimalisir. Sesuai dengan kaidah "Ishlah an-nafsi muqaddamun 'ala Ishlah al-mujtama'.

Dari tahun pertama sampai tahun ketiga ini tim ketua II terus mendorong agar pembinaan anggota dapat berjalan dengan baik di setiap jenjang pimpinan di bawah.

Di antara program bidang-bidang di ketua II adalah;

Bidang Kaderisasi
Program utama bidang Kaderisasi tahun ketiga ini adalah melaksanakan Training of Trainer I (ToT I). Program ini merupakan program yang dicanangkan bagi para alumni tafiq I dan II yang dipersiapkan untuk menjadi instruktur dalam kegiatan training formal Pemuda Persis, baik itu ma'ruf ataupun tafiq I. Diharapkan dari ToT ini dapat terbentuk para instruktur yang kapabel dalam mengelola sebuah pelatihan yang dapat menghasilkan output kader yang berkualitas.

Bidang Pendidikan
Program utama bidang pendidikan dalam tahun ketiga ini adalah merencanakan kegiatan Tamhid al-'ulama.  Target dari kegiatan ini adalah terlaksananya program Kaderisasi ulama Persis di Pemuda Persis. Sasaran dari kegiatan ini adalah anggota Pemuda Persis yang mampu membaca kitab turats.

Kedua adalah program kuliah Pemikiran Islam. Target dari program ini adalah kader Persis mendapatkan materi islamic wordview sehingga mampu mengkritik filsafat/pemikiran yang berbasis ekstern wordview.

Berbagai program sudah terlaksana, pun dengan program baru akan segera dilaksanakan. Semoga segala upaya ada dalam naungan dan lindungan Allah SWT. (/Cepi Hamdan Rafiq)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?