Pusat zakat Umat Sumatera Utara Gelar Pelatihan Amil Zakat.

Pusat zakat Umat Sumatera Utara Gelar Pelatihan Amil Zakat.

Dipublish pada 15 April 2018 Pukul 04:36 WIB

310 Hits

Medan – persis.or.id, Bertempat di Asrama Haji Medan dilaksanakan Pembukaan pelatihan Amil Zakat Sabtu- Ahad (14-15/04/2018) yang diikuti oleh Utusan Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang PERSIS Sumatera Utara dan relawan yang ingin bergabung dengan Pusat Zakat Umat Perwakilan Sumatera Utara.

Gagasan penyelenggaraan pelatihan ini adalah PZU dan PW PERSIS Sumut.

Acara ini dilaksanakan selama dua hari Yang diikuti 40 peserta, ujar panitia pelaksana Eko Misriadi.

Pemateri pertama disampaikan oleh Ketua Pusat Zakat Umat Perwakilan Sumut H. Muhammad Nuh. MSP dengan materi Zakat dalam Alqur’an As Sunnah dan Perundang-undangan.

Dalam materi yang disampaikan Nuh Cukup banyak Hadist – hadist Nabi Saw yang memuat permasalahan zakat termasuk teks yang variatif. Ibnu Hajar Al- Asqalani dalam bulughul Maram menyebutkan dalam Kitabuz Zakat.

Disinggung zakat dalam Perundang-undangan mempunyai regulasi tentang zakat yakni Undang-Undang nomor 38 tahun 1999 dan telah direvisi dengan UU nomor 23 tahun 2011.


Sessi kedua disampaikan Materi: Penghimpunan Zakat, Infaq dan Shodaqoh oleh Mawardi

Sedangkan sessi ketiga Tauhid Ichyar menyampaikan materi Pemasaran PZU beliau menyampaikan bahwa zakat adalah salah satu sektor penting dalam filantropi Islam. 

Sebagai rukun islam ketiga, zakat wajib dibayarkan oleh setiap muslim yang memenuhi syarat (muzakki) untuk menyucikan hartanya dengan cara menyalurkan zakatnya kepada mustahik. Zakat tidak hanya berfungsi untuk menolong perekonomian mustahik, tetapi juga dapat menjadi instrumen penyeimbang dalam sektor ekonomi islam

Abdul aziz selaku Dewan Pengawas PZU setelah pelatihan ini akan dibuka segera, Kantor Layanan PZU Kabupaten/kota (PD) dan beberapa kantor layanan pembantu PZU kecamatan (PC).

“Moment ini sangat penting karena sudah dekat Bulan Ramadhan”‘ ujar Aziz. (/AZ)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?