PW Persis Sumatera Barat Ikuti Dialog Ekonomi Syariah

PW Persis Sumatera Barat Ikuti Dialog Ekonomi Syariah

SHARE

Payakumbuh – persis.or.id, Pimpinan Wilayah Persis Sumatera Barat mengikuti kegiatan Dialog Ekonomi Syariah yang diselenggarakan oleh MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) pada hari kamis (23/6) di Hotel Mangkuto Kota Payakumbuh.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh organisasi keagamaan di Sumatera Barat dengan narasumber Buya DR.H.Gusrizal Gazahar, Lc, MA Ketua MUI Sumbar. Dihadiri juga oleh tamu undangan; Sekda Kota Payakumbuh Ir. H. Benny Warlis, Pimpinan Bank Nagari Syariah Payakumbuh, Pimpinan BNI Syariah Payakumbuh, Pimpinan BMT Al-Fataya Payakumbuh, Dirut PT BPR Syariah Al-Makmur Payakumbuh, Pimpinan BRI Syariah Payakumbuh, Pimpinan BSM Payakumbuh, Pimpinan Bank Bukopin Syariah Bukittinggi.

PW Persis Sumbar diwakili oleh sekretaris PW Persis Sumbar, Asep Ajidin. Ketua PW tidak bisa menghadiri karena kurang sehat. Ajidin menyampaikan bahwa ada dua pendekatan dalam usaha akselerasi aplikasi ekonomi syariah yang dibahas pada Dialog Ekonomi Syariah tersebut.

Pertama, Penyesuaian atas sistem ekonomi yang sudah ada selama ini dengan cara memilih dan memilah mana yang sesuai dengan sitem syariah dan mana yang tidak. Dalam bahasa lainnya, melakukan labelling (dalam makna memilah dan memilih tadi, red) atas sistem ekonomi konvensional yg ada selama ini.

Kedua, Pendekatan transformasi dengan cara menelisik dan menggali nilai-nilai ekonomi syariah para Nabi, Rasul dan para sahabat Nabi SAW. Seperti Dimensi Ekonomi Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Hud, Nabi Ibrahim, Nabi Saleh, Nabi Syuaib, Nabi Yusuf, Nabi Musa dan Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Inti dari Dialog Ekonomi Syariah itu adalah komitmen dan usaha untuk meningkatkan aplikasi ekonomi Islam, karena penerapan ekonomi syariah bukan pilihan, namun suatu keniscayaan. (HL & TG)