Rumah Hancur, Para Pengungsi Terdampak Gempa Aceh Bertahan di Mesjid

0
25

Aceh – persis.or.id, Posko pengungsian kelurahan Meunasah Balek yang dipusatkan di masjid At-taqwa Meunasah Balek Pidie Jaya, menampung 560 kepala kekuarga dengan 2500 jiwa, hasil pantauan tim persis.or.id, ahad (11/12/2016)

Para pengungsi tersebut terdiri atas 138 rumah dari dusun Balek, 154 rumah dari dusun Dayah Kleng dan 90 rumah dari dusun Geudong.

“Saat ini para pengungsi dalam keadaan baik, hanya ada beberapa dari orang tua dan balita yang terkena penyakit dikarenakan mereka hanya tidur beratap terpal dan beralas tikar”, terang Bang Muda, koordinator posko. Saat ini yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi saat ini adalah tikar, selimut, pakaian lengkap bayi, pampers bayi dan pembalut wanita.

Di masjid At-taqwa ini dibuatkan dapur umum yang didirikan warga dibantu oleh aparat setempat untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi

Ditanya kenapa para pengungsi masih bertahan di posko, rerata mereka menuturkan dikarenakan rumah hancur akibat gempa. “Kami agak masih trauma dan takut kembali ke rumah akibat masih adanya gempa susulan ini”, ujar warga pengungsian.(HL/TG)