Sifat Dasar Pemimpin, Trilogi Tahdzibat

Dipublish pada 02 April 2018 Pukul 09:28 WIB

192 Hits

Bandung - persis.or.id, Manusia merupakan mahluk yang paling unik diantara mahluk-mahluk lainnya yang Allah SWT ciptakan.

Kenapa  demikian, dikarenakan hanya mahluk yang bernama manusia saja yang mempunyai tugas dalam menjalani kehidupannya menjadi khalifah dimuka bumi ini, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah [2] 30.

Dengan dasar dari semua aktifitasnya menjadikan ibadah atau sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya QS. Adz-Dzariyat [51]: 56.

Dengan hadirnya ayat ini, merupakan salah satu tugas utama manusia sebagai khalifah, yang kita maknai secara sederhana khalifah (Pemimpin).

Tentunya dengan adanya amanah yang besar ini, ada aturan-aturan yang harus dimainkan oleh mahluk yang benama manusia dalam mengemban amanah ini.

Dari sebagian aturan-aturan yang seharusnya dimainkan salah satunya, seorang pemimpin harus memiliki beberapa sifat, diantaranya:


  1. Mengenal dakwah

  2. Mengenal diri

  3. Perhatian yang utuh

  4. Teladan yang baik

  5. Pandangan yang tajam

  6. Kemauan yang kuat

  7. Fitrah yang mengundang simpati

  8. Optimisme


Sifat-sifat ini yang seharusnya menjadi landasan bagi mahluk yang bernama manusia dalam menjalankan amanah yang diberikan Allah SWT menjadi seorang Khalifah dimuka bumi ini.

Dan tentunya sifat-sifat ini tidak sekonyong-konyong muncul begitu saja dalam diri manusia tersebut, tapi mesti ada proses pembelajaran secara radikal agar mampu menjadi ilmu dan pemahaman yang mampu diaplikasikan secara konkret dalam mengemban amanah menjadi pemimpin ini.

Maka dari itu, lahirnya Trilogi Tahdzibat ini merupakan bagian dari salah satu upaya kami memberikan panduan yang sistematis agar terlahirnya sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yang khususnya bagi Kader Pemuda Persis dan umumnya bagi seluruh umat muslim sehingga mampu terealisasikan dalam kehidupan dimuka bumi ini sebagai seorang khalifah. (Oid/Diaz)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?