Silaturrahim dan Jihad PW Persis Kaltim, KH. Al Hafid Ibnu Qayyim, M.Th.I: "Berkah itu Ketenangan Hati"

Dipublish pada 06 Mei 2018 Pukul 22:53 WIB

333 Hits

Samarinda - persis.or.id,  Pimpinaan Wilayah Persatuan Islam (PW Persis) Kaltim kembali mengadakan Silaturahim dan Jihad Ke-3 pada Ahad (06/05) di Villa Tamara Estate yang tepatnya di rumah Bapak H. Muhammad Irfan selaku tuan rumah, yang beliau juga merupakan Bendahara PW Persis Kaltim.

Kegiatan tersebut diisi dengan pengajian serta penyampaian tentang rancangan untuk kegiatan di bulan suci Ramadhan dan ditutup dengan makan bersama.

Silaturahim yang dihadiri oleh para anggota Persis, anggota Dewan Da'wah, serta tamu undangan lainnya.

Para jama'ah mendengarkan kajian yang disampaikan KH. Al Hafid Ibnu Qayyim, M.Th.I. dengan hikmat. Materi kali ini terkait tafsir tematik tentang berkah.

KH. Al Hafid Ibnu Qayyim, M.Th.I menjelaskan bahwa kata berkah itu asalnya terdiri dari huruf bā', rā' dan kāf, yang menurut Ibn Faris dalam Mu'jam Maqāyīs al-Lugah berarti tsabātu al-syai' (tetapnya sesuatu). Al-Ashfahani mendefinisikan berkah dengan al-barakat tsubūt al-khair al-ilahi fi al-syai' (tetapnya kebaikan yang bersifat ilahiah pada sesuatu). Dapat juga dimaknai bahwa berkah itu merupakan suatu kebaikan ilahiah yang meningkat secara stabil hingga tercipta suatu stabilitas berupa ketenangan dan ketentraman dalam hidup kita.

Lanjutnya KH. Al Hafid Ibnu Qayyim, M.Th.I. mengungkapkan bahwa berkah itu adalah ketenangan hati. Layaknya seseorang yang lapar ketika telah kenyang, perasaannya pun akan tenang. Itu juga bisa dikatakan berkah. Orang yang dapat menjadikan al-Qur'an sebagai al-furqan yang merupakan pemandu dalam menilai dan membedakan kebenaran dan kebatilan maka tentu ini bagian dari berkah yang Allah anugerahkan.

Beliau juga menjelaskan terkait doa yang masyhur dibaca orang sebelum makan, Allahumma bārik lanā fī razaqtanā wa qinā 'adzaban nār, ternyata hadisnya dha'if tidak dapat disandarkan bahwa Rasulullah mengajarkan doa keberkahan sebelum makan seperti itu.

Usai memberikan kajian dilanjutkan dengan penyampaian persiapan kegiatan Ramadhan oleh Ustadz Eko Kurniawanto, M.Pd.I. Beliau menyampaikan bahwa Bidgar Perzakatan telah menyediakan kencleng Donasi Da'wah dan in sya'a Allah dalam waktu dekat PW Persis Kaltim juga akan mengembangkan PZU di Kaltim untuk menopang program dakwah dan jihad ke depan. 

Demikian informasi kegiatan Silaturrahim dan Jihad Persatuan Islam ke-3 di Kaltim. Semoga Allah senantiasa memudahkan segala urusan kita, Āmīn. (/AFA)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?