STAI Persis Bandung menyelenggarakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Kecamatan Cikalong Wetan, Padalarang

0
30

KKN yang merupakan salah satu syarat kelulusan diikuti oleh 167 Mahasiswa semester 7, dibagi ke dalam 10 kelompok, kelompok 8 KKN yang bertempat di Desa Tenjo Laut, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, yang dipimpin oleh Asep Sopyan Nurdin sebagai ketua kelompok yang  beranggotakan 16 orang (30/06/2016).

Meskipun awalnya merasa kaget dengan banyaknya perbedaan dari segala sisi pada Kuliah Kerja Nyata (KKN), namun tidak banyak kendala yang dihadapi. Hubungan peserta KKN dengan masyarakat, RT, RW , Desa dan Dusun berjalan dengan baik , bahkan selalu ada saja masyarakat dan Tokoh masyarakat yang datang ke Posko kami.

Dalam KKN kelompok 8 “Kami memiliki 2 program unggulan, yang pertama adalah Profile Desa, berupa dokumenter Desa, dan Program unggulan kedua adalah Saung Pintar atau Tenjo Laut pintar yang dilatarbelakangi dengan minimnya ilmu pendidikan pada masyarakat masyarakat, dengan adanya Tenjo Laut pintar diharapkan agar masyarakat lebih memperhatijan pendidikan. Selain itu pada tahapan Progress 2 program unggulan kelompok kami sudah mencapai 50%” Ucap Asep.

Selain 2 program unggulan tadi, kelompok ini pun melakukan kegiatan sharing management pendidikan, mentoring siswa pendidikan dan mentoring karang taruna untuk menggagas program-program Desa bersama masyarakat setempat.

Misi dari KKN ini juga bukan mengadakan kegiatan yang bersifat ceremony, namun misi kami adalah merubah pola pikir masyarakat yang ekonominya kurang, pemahaman agamanga kurang, pendidikannya kurang, yang hanya tahu yang penting tercukupi,dan disinilah kita untuk berusaha merubah pola pikir masyarakat untuk menjadi lebih memperhatikan pendidikan dan agama untuk merubah kehidupan menjadi semakin baik.” pangkas Ase.

 

Redaksi : NV