Terkait Masalah Kalender, PP Persis akan Kirimkan Edaran

Terkait Masalah Kalender, PP Persis akan Kirimkan Edaran

SHARE

Bandung – persis.or.id, Terkait dengan beberapa permasalahan penanggalan serta perbedaan waktu shalat  antara almanak PP Persis dengan kalender yang inisiatif dicetak oleh pesantren, Pimpinan Pusat (PP) Persis akan membuat surat edaran.

Sekretaris umum PP Persis, Haris Muslim, Lc.M.Ag menyampaikan bahwa yang menjadi kalender resmi Persis adalah almanak. “Saya ingin menyampaikan bahwa kalender resmi persis adalah almanak yang dikeluarkan Persis hasil perhitungan Dewan Hisab dan rukyat (DHR)”, tegas Haris.

Sekum PP Persis itu pun menjelaskan perlunya mencermati kalender-kalender yang beda itu adalah menjadikan kalender masehi 2016 sebagai sumber. “Mereka menerbitkan kalender sebelum keluarnya almanak 1438, jadi belum dapat info mengenai 1 muharram versi DHR.  Jadi harus bijak juga menyikapinya”, imbau Haris Muslim.

Dalam waktu dekat pernyataan resmi PP Persis akan segera diedarkan. Haris menyebutkan bahwa mestinya orang faham bahwa kalender resmi adalah yang berdasarkan hasil Perhitungan DHR. “Ya, sebetulnya sejak masa jihad kemarin sudah diputuskan”, pungkas Haris Muslim. (HL & TG)