Transformasi Gerakan Dakwah dalam Muskernas PP Persistri

Transformasi Gerakan Dakwah dalam Muskernas PP Persistri

Dipublish pada 14 Januari 2019 Pukul 07:58 WIB

258 Hits

Bandung – persis.or.id, Wakil Ketua Umum PP Persis Dr. Jeje Jaenudin, M.A.  hadir dalam pembukaan Muskernas ke-4 PP Persistri pada Ahad (13/01/2019) di Hotel Cordela, Jl. Soekarno Hatta, Bandung.

Dalam sambutannya Jeje mengawali pembahasan latar belakang dari tema besar PP Persis dalam Muskernas di bulan Desember 2018 lalu, yakni Transformasi Gerakan Dakwah Jamiyyah untuk keutuhan Umat dan Bangsa.

“Sebagai lembaga dakwah, Persis harus melakukan transformasi atau perubahan dalam sifat, bentuk, dan cara tanpa menghilangkan substansi”, ujar Jeje.

Ia menjelaskan bahwa sifat harokah tajdid harus menjadi karakter dalam Qonun Persis, tajdid tersebut terbagi dalam 2 bagian.

Pertama, terhadap substansi ajaran Islam yakni mengembalikan orisinalitas ajaran Islam, dalam arti pemurnian ajaran Islam yang berpijak pada sumber yang asal yakni Qur’an dan Sunnah.

Kedua, tajdid terhadap hukum formil atau proses gerakan dalam pengertian dinamisasi atau inovasi melalui cara-cara baru untuk melakukan perubahan atau pembaharuan.

“Disatu sisi kita tetap pada pemurnian ajaran Islam, dan caranya terus diinovasi, apa yang diinovasi? yakni dari konvensional ke digital” tegasnya. (/TV)

 

 

 


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?