Workshop PP Pemuda Persis

Dipublish pada 19 April 2016 Pukul 08:27 WIB

583 Hits

PEMUDA PERSIS Berharap Manhaj Kaderisasi Tidak Melenceng dari Tujuan Pemuda Persis…

Bertempat di Aula PP Persatuan Islam (Persis) jl. Perintis Kemerdekaan no. 2-4 Bandung, hari Ahad (17/04/2016), tepat pukul 13.30 Wib, PP Pemuda Persis telah sukses menyelenggarakan acara WORKSHOP KADERISASI DAN PENDIDIKAN yang merupakan program dari Bidang Kaderisasi dan Pendidikan yang telah dicanangkan pada Muskernas I PP Pemuda Persis, 14 Pebruari 2016 yang telah lalu di Bandung.

Acara Workshop tersebut bertujuan untuk menampung aspirasi serta gagasan-gagasan ideal bagi keberlangsungan pengkaderan dan pembinaan Pemuda Persis ke depan yang lebih baik.

Ketua Umum PP Pemuda Persis al-Ustadz H. Eka Permana Habibillah, membuka secara resmi acara Workshop Kaderisasi dan Pendidikan Pemuda Persis tersebut. Dalam sambutannya, beliau berharap Pemuda Persis sebagai kader pelanjut perjuangan Rasulullah Saw. dapat memahami visi misi Pemuda Persis yang dituangkan dalam manhaj kaderisasi yang kemudian dapat diaplikasikan secara nyata pada tataran pelaksanaan pengkaderannya.

Dalam acara yang diikuti tidak kurang dari 30 peserta perwakilan dari 3 Pimpinan Wilayah (Jabar, DKI Jakarta, Banten) dan 13 PD juga PC non PD, ikut pula memberikan sambutannya, yaitu al-Ustadz Hamdan Abu Nabhan (Ketua II PP Pemuda Persis), beliau mengatakan, bahwa pola kaderisasi di Pemuda Persis tidak boleh lepas dari Tujuan Pemuda Persis itu sendiri yaitu, “Mencetak kader pemimpin umat yang memahami, mengamalkan, dan mendakwahkan aqidah, syari’ah, dan akhlaq Islam berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah dalam segala ruang dan waktu”. Yang kemudian beliau menyoroti dari aspek lemahnya tarbiyah, sebagimana yang beliau kutif dari syaikh Fathiyakhan dari bukunya “Al-Mutasaqqitun ‘ala Thariqid Da’wah”, yang secara serius harus menjadi sorotan utama pada workshop kali ini.

Setelah pembukaan yang berjalan selama lebih kurang 15 menit, acara dilanjutkan dengan diskusi berupa curah gagasan yang disampaikan oleh para utusan perwakilan dari PW, PD, dan PC non PD yang dipimpin langsung oleh Bidang Pendidikan PP Pemuda Persis (Dr. Nashrudin Syarif, M.Pd).

Dari gagasan-gagasan dan usulan-usulan dari setiap peserta Workshop tersebut menghasilkan beberapa poin yang harus menjadi bahan pertimbangan bagi tim penyempurna manhaj kaderisasi ke depan, yaitu sebagai berikut:


  1. Manhaj kaderisasi yang sudah ada dianggap cukup baik, tinggal menyempurnakan pada beberapa bagian saja, seperti melengkapi perangkat-perangkat administrasi pada tataran teknisnya.

  2. Untuk mengahasilkan output yang berkualitas dari pengkaderan ini, maka perlu diperjelas dan dipertegas mengenai indikator dan standarisasi kelulusannya.

  3. Materi yang diberikan hendaknya lebih menekankan pada aspek peningkatan aqidah, ibadah, dan akhlak.

  4. Sangat perlunya ketersediaan silabus materi pembinaan pasca training formal pada setiap jenjangnya.

  5. Perlu dibuatkan konsep ma’ruf khusus bagi alumni HIMA Persis.

  6. Perlu adanya rekomendasi dari Pemuda, supaya materi-materi training pada jenjang ma’ruf dapat dijadikan suplemen tambahan pada MaPel di lembaga pendidikan Persis khususnya tingkat Mu’alimin dan yang sederajat.


Workshop yang berlangsung sampai pukul 16.30 Wib. ini diakhiri dengan pembentukkan tim Penyempurna Manhaj Kaderisasi PP Pemuda Persis yang terdiri dari:

  1. Al-Ustadz Hamdan (Ketua II PP)

  2. Cepi Hamdan Rafiq (Sekretaris II PP)

  3. Dadang Muslim (Bid. Kaderisasi)

  4. Dr. Nashrudin Syarif, M.Pd (Bid. Pendidikan)

  5. Miftah Husni (PW. Jabar)

  6. Setiawan (PD. Kota Bandung)

  7. Ilyas Rahman G (PD. Kab. Bandung)

  8. Adi Tahir Nugraha (PD. Kab. Bandung)


Reporter : Cepi Hamdan Rafiq

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?