Bekerja Sama dengan KONI, Pemuda PERSIS Kabupaten Bandung Selenggarakan Babak Penyisihan Empat Cabor Persada VIII

Bekerja Sama dengan KONI, Pemuda PERSIS Kabupaten Bandung Selenggarakan Babak Penyisihan Empat Cabor Persada VIII

Dipublish pada 24 November 2021 Pukul 14:40 WIB

312 Hits

Bandung, persis.or.id – Sebagai rangkaian acara menuju Persada VIII yang akan digelar 24—26 Desember 2021 nanti, PD Pemuda PERSIS Kabupaten Bandung baru saja selesai menggelar pertandingan babak penyisihan untuk empat cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, pada Ahad (21/11/2021).

Konsep penyelenggaraan penyisihan ini baru diterapkan pada Persada kedelapan tahun ini. Selain untuk mengurai konsentrasi massa menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19, dengan konsep ini diharapkan pula para peserta tidak kelelahan pada puncak acara dan dapat berkonsentrasi pada acara lain yang digelar.

Pertandingan babak penyisihan dilaksanakan dua hari, yaitu 14 dan 21 November 2021 yang lalu. Adapun keempat cabor tersebut yaitu futsal di gor Bahana Futsal, Banjaran; bola voli di gor P2B Saluyu, Cimaung; tenis meja di gor Edun 2, Arjasari; dan badminton di gor Soka Giri Sedayu, Arjasari.

Sebagai bentuk profesionalisme, penyelenggaraan Persada VIII tahun ini bekerja sama dengan KONI Kab. Bandung.

"Kami bekerja sama dengan KONI dan mengadakan MoU. Perangkat pertandingan futsal dari AFKAB PSSI Kabupaten Bandung, tenis meja dari PTMSI Kabupaten Bandung, begitu pun dengan volly dan badminton," ujar Ketua Pelaksana Persada VIII Fariz Rizki Ramdani pada saat pembukaan babak penyisihan, Ahad (14/11/21) yang lalu, di gor Edun 2, Arjasari, Kab. Bandung.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, dengan inovasi ini diharapkan pertandingan berjalan secara profesional, dan memperlihatkan bahwa atlet dari anggota pemuda persis mempunyai potensi yang sama dengan atlet lain.

Pantau Potensi Atlet

Pada pelaksanaannya, dalam rangka pemantauan potensi atlet, asosiasi olahraga cabor yang dipertandingkan ikut memantau jalannya pertandingan babak penyisihan tersebut. Di antaranya, Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten Bandung dan Asosiasi Futsal Kabupaten (AFKAB) Kabupaten Bandung.

Ketua Pengcab PTMSI Kabupaten Bandung Saan Ruswandi berharap Pengcab PTMSI Kabupaten Bandung dan PD Pemuda Persis Kabupaten Bandung terus menjalin sinergi dalam pembinaan atlet tenis meja.

"Saya berharap Persada VIII ini menjadi tempat pembinaan atlet tenis meja," ungkap Saan Ruswandi saat pembukaan babak penyisihan, Ahad (14/11/2021) di Arjasari, Kabupaten Bandung.

"Tidak hanya saat Persada saja, saya berharap setiap cabang melanjutkan pembinaan terhadap anggotanya," tambahnya.

Sementara itu, Chandra Gunawan selaku Exco Development AFKAB Bandung ditugaskan oleh KONI Kabupaten Bandung untuk memantau rangkaian pertandingan futsal Persada VIII.

Chandra menuturkan talent scouting di Persada VIII ini dilakukan juga untuk memantau anggota Pemuda PERSIS yang nantinya akan diseleksi mewakili Kabupaten Bandung mengarungi Liga AFP Jawa Barat 2022.

Pelatih yang berhasil membawa Kabupaten Bandung juara pada Liga AFP Jawa Barat 2019 itu mencari pemain yang cerdas dan punya teknik permainan dasar yang mumpuni. Karena menurutnya, futsal itu selain permainannya cepat dan lincah, dibutuhkan juga kecerdasan.

"Saya kira ada potensi yang muncul di Persada ini," pungkasnya.

Pada babak penyisihan ini, Pimpinan Cabang Banjaran tampil dominan dengan menjadi semifinalis pada tiga cabor, yaitu tenis meja, badminton, dan futsal. Adapun bola voli baru menyelesaikan babak penyisihan sampai perdelapan final dan akan dilanjutkan pada bulan Desember untuk menetukan semifinalis.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Persada 8 PD Pemuda PERSIS Kabupaten Bandung akan dilaksanakan pada tanggal 24—26 Desember 2021. Bumi Perkemahan Gunung Puntang Kabupaten Bandung dipilih sebagai lokasi pelaksanaan setelah melewati berbagai pertimbangan dengan berbagai pihak dan proses perizinan. 

(Persada 8/dh)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?