Geliat Pengelolaan Zakat di PC Persis Hamparan Perak

Geliat Pengelolaan Zakat di PC Persis Hamparan Perak

Dipublish pada 15 Mei 2021 Pukul 08:16 WIB

120 Hits

Sumut - persis.or.id, Masyarakat sekitar amat antusias dalam menyalurkan zakat fitrahnya. Terhitung semenjak H-5 lebaran sampai di tutup di saat malam takbiran, ada sekitar 85 KK yang menyalurkan zakatnya, dengan jumlah sekitar 360 orang.

SEJAK hari Sabtu 8 Mei 2021, PC Persis Hamparan Perak mengadakan penghimpunan zakat fithrah yang bertempat di masjid Persis Ash-Shiddiqin. Kegiatan ini dalam rangka memberikan fasilitas kepada umat yang hendak menunaikan salah satu  kewajiban di penghujung Ramadlan.

Selain itu, diadakannya penghimpunan ini sebagai bentuk kepedulian PC Persis Hamparan Perak, yang ingin ikut serta berbagi kebahagiaan kepada faqir miskin dan dlu’afa.

Masyarakat sekitar amat antusias dalam menyalurkan zakat fitrahnya. Terhitung semenjak H-5 lebaran sampai di tutup di saat malam takbiran, ada sekitar 85 KK yang menyalurkan zakatnya, dengan jumlah sekitar 360 orang. Secara keseluruhan, beras yang terkumpul yaitu sebanyak 294 kg dan zakat dalam bentuk uang terkumpul sekitar Rp. 7.900.000.

Hasil dari penghimpunan zakat ini kemudian disalurkan pada keesokan harinya selepas shalat shubuh, sebelum orang-orang berangkat ke lapangan.

Total ada 45 orang yang mendapatkan manfaat. Dengan rincian; 32 orang berstatus faqir-miskin, 8 orang amilin, 5 orang sabilillah (guru ngaji), dan sisanya dialokasikan untuk sabilillah jam’iyyah.

Kegiatan ini rutin setiap tahunnya diadakan oleh PC Persis Hamparan Perak. Namun baru kali ini sistem penghimpunan dan penyaluran sepenuhnya dikelola oleh PZU daerah setempat.

Untuk zakat fithrah, masyarakat sudah mengerti dan paham, sehingga secara spontan mereka membayar sendiri tanpa harus di jemput ke rumah-rumah. Sedangkan untuk diluar zakat fithrah, semacam zakat mal, infaq dan shadaqah, perhatian masyarakat masih sangatlah minim.

Sehingga ini menjadi PR bersama di kalangan PC Persis Hamparan Perak dan PZU nya, agar bisa mendorong masyarakat mengeluarkan zakat mal, infaq dan shadaqahnya seperti mereka mengeluarkan zakat fithrah.

 

***

Oleh : Kontributor PC Persis Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?