Hari ke-2 Silaturahim Antar Penasehat, Para Ketua Bidang PP Persis Presentasikan Program Kerja

Dipublish pada 08 Agustus 2016 Pukul 13:15 WIB

1213 Hits

Bandung - persis.or.id, Acara Silaturahim Para Penasehat seluruh Pimpinan Derah Persis se-Jawa Barat dihari kedua (07/8) diawali dengan shalat shubuh berjamaah dan tausiyah dari KH. Rahmat Najib, M.Pd.  Agenda utamanya adalah presentasi dari para ketua bidang PP Persis mengenai program-program kerja mereka di hadapan para penasehat.

Para ketua bidang yang hadir diantaranya Ketua bidang Jamiyyah Persis, Dr. Ihsan Setiadi Latief, Ketua Bidang Tarbiyah Dr. H. Irfan Safrudin, Ketua Bidang Maliyah, Drs. H. Uyun Kamiludin, SH.MH, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Kelembagaan (HMK), Dr. H. Dody S Truna MA. dan Bidang Dakwah diwakili oleh sekretaris bidang, Nana Supriatna.

Para ketua bidang mempresentasikan program kerjanya, yang sudah dikerjakan dan yang akan dikerjakan. Beberapa catatan presentasi para ketua bidang diantaranya;


  1. Bidang HMK menyampaikan program kerjanya bahwa HMK merupakan bidang baru yang ada di jamiyyah yang berfungsi untuk menjalin komunikasi di internal jamiyyah dan dengan ormas, lembaga lain bahkan dengan luar negri.

  2. Bidang Maliyah yang paling menonjol adalah di bidang zakat yaitu PZU yang sudah bekerja secara profesional dalam menghimpun dan membagikan zakat dengan target 50M per tahun dan yang sedang diperbaharui adalah bidang wakaf dikarena banyak wakaf-wakaf jamiyyah yang belum bersetifikat.

  3. Bidang Jamiyyah menyampaikan terjadi kenaikan yang signifikan beberapa tahun kebelakang, sudah banyak PW yg didirikan walaupun secara kwantitas jamaahnya belum ada kenaikan yang signifikan ini menjadi PR besar bagi bidang jamiyyah. Bidang jamiyyah akan lebih bersinergi dengan para penasehat demi kemajuan jamiyyah.

  4. Bidang Tarbiyah lebih konsen dan konsisten terhadap kemajuan pesantren-pesantren Persis dengan menakian mutu pendidikan dimana hasil setelah mereka lulus dapat bersinergi dengan jamiyyah.

  5. Bidang Dakwah sebagai bidang ujung tombak di Persis ini akan menjadi ruh jihad bagi jamiyyah, tetap konsisten dengan kajian Al Quran Sunnah dengan mengembangkan kajian-kajian turats.


Para penasehat PD Persis memberikan tanggapan hangat dan mengapresiasinya. Tanggapan dari hadirin penasehat yaitu positioningnya, memposisikan diri dimana tugas mereka selaku Penasehat dalam bersinergi dengan jamiyyah. Acara ini menjadi tolok ukur fungsi keberadaan penasehat di semua PW, PD dan PC. Tidak hanya sebuah nama pajangan yang ada di dalam struktur kepengurusan. Ketua Majelis Penasehat PP Persis turut mendukung program kerja yang tengah digulirkan para tasykil PP Persis. " Para ketua bidang agar kerja lebih giat dan efetif kedepannya, dan bersegera menyelasaikan beberapa pekerjaan-pekerjaan yang masih belum selesai", pungkas Prof. Dr. Maman Abdurrahman. (HL & TG)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?