HARI PERTAMA SEKOLAH; Sebuah Catatan Ringan

HARI PERTAMA SEKOLAH; Sebuah Catatan Ringan

Dipublish pada 14 Juli 2019 Pukul 23:46 WIB

2780 Hits

Bekasi - persis.or.id, Merujuk pada almanak, hari ini adalah hari pertama sekolah bagi murid TK sampai SMA, meski ada beberapa lembaga yang masuk lebih awal sepekan sebelumnya, selisih atau sedikit perbedaan adalah wajar sebab menyesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah. 

Hari pertama sekolah pasca libur panjang merupakan hari yang dinanti, didamba, dan dirindu oleh murid, orang tua dan guru. Terlebih bila hari itu adalah hari pertama si murid sekolah, indahnya hari itu menentukan kebahagiaan selama setahun pembelajaran bahkan seumur hidupnya, sebab hari pertama sekolah merupakan hari bersejarah bagi siapa pun. 

Oleh karena itu, penting bagi kita selaku orang tua dan guru untuk memberikan pijakan yang kuat sebelum si anak menikmati hari pertama sekolahnya agar ia memiliki kesan positif dan pengalaman menyenangkan tentang sekolah, belajar, guru, teman, dan semua yang berkaitan dengan sekolah. 

Sebagai wujud tanggung jawab profesional, berikut yang perlu dilakukan oleh guru di sekolah; 

1) Memberikan informasi yang lengkap mengenai kegiatan anak selama pekan pertama kepada orang tua/wali terutama kebutuhan belajar anak; 

2) Mempersiapkan ruang belajar termasuk seluruh area sekolah yang bersih, aman, dan nyaman; 

3) Menyediakan kegiatan yang berdampak positif dan menyenangkan bagi tumbuh kembang anak di masa depan. 

4) Tetap jaga keikhlasan, keistiqomahan, dan tanggung jawab pekerjaan mulia sebagai pendidik, sebab itulah kunci kesuksesan sebagai guru. 

Sedangkan, sebagai wujud tanggung jawab moral, berikut yang perlu dilakukan oleh orang tua di rumah; 

1) Melunasi biaya pendidikan anak, jika diprediksi belum sanggup menunaikan sampai tenggat waktu pembayaran, sebaiknya dikomunikasikan dengan pihak sekolah guna menghindari syak wasangka dari pihak sekolah. 

2) Menjalin komunikasi efektif, mematuhi, dan melaksanakan aturan sekolah dan menginformasikannya kepada anak secara proporsional; misal apa yang harus dipakai dan dibawa anak ke sekolah. 

3) Mengantar anak ke sekolah sampai dipastikan si anak sampai ke sekolah dan menyerahkannya kepada pihak sekolah sebagai simbol bahwa anak siap belajar dan orang tua ikhlas anaknya dididik sesuai dengan peraturan yang berlaku di sekolah. 

4) Luangkan waktu beberapa saat berkomunikasi dengan anak selepas ia kembali ke rumah, misal; apa yang dilakukan selama di sekolah? Dengan siapa bermain? Bagaimana perasaannya mengikuti kegiatan di sekolah? Dan semacamnya. 

5) Selalu do'akan yang terbaik buat anak-anak kita, sebab mereka lah ladang amal kita dan salah satu asbab kita terhindar dari api neraka. Sebab disitulah letak kesuksesan sebagai orang tua. 

Demikian sedikit catatan tentang hari pertama sekolah, semoga bermanfaat untuk para guru, orang tua, praktisi dan pemerhati pendidikan di tanah air. 

Ade Chairil Anwar

(Juru Among Sekolah Alam Natur Islam Bekasi) 

Wallahu a'lam bi al-Shawwaab


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?