Jaulah Ramadhaniyyah

Dipublish pada 03 Juni 2016 Pukul 08:00 WIB

1465 Hits

Kafilah Duat Persatuan Islam

 Bandung, 28 Sya`ban 1437 H /3 Juni 2016 M. Bidang Dakwah PP. Persatuan Islam kembali mengririmkan da`inya ke luar jawa. Pengiriman du`at Persis kali ini berbeda dengan pengiriman di awal bulan tahun 2016.

Du`at Persis kali ini diutus untuk membina jama`ah yang ada di luar jawa selama satu bulan Ramadlan saja. Mengingat setiap bulan Ramadlan selalu ramai diisi dengan berbagai kegiatan dan kajian keagamaan. Semangat jamaah pun biasanya lebih meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan selainnya.

Sehingga di bulan Ramadlan ini perlu ditambah SDM da`i sebagai upaya pendidikan dan pembinaan yang lebih banyak untuk masyarakat luar jawa, dengan harapan setelah bulan Ramadlan, semangat jamaah untuk terus mengkaji bisa dijaga dan terus diselenggarakan.

DSCF1503Pengiriman da`i di bulan Ramadlan pernah dilakukan oleh Pemuda Persatuan Islam beberapa tahun yang lalu. Program inilah yang menjadi cikal bakal terselenggaranya program Kafilah Du`at Persis, yang Alhamdulillah tahun ini sudah mencapai angkatan kelima.

Walaupun hanya satu bulan, para da`i tetap diutus secara resmi dan diberikan SK oleh Bidang Dakwah PP. Persis.  Sebanyak tujuh orang dikirimkan dan disebar ditiga lokasi, di antaranya; Bengkulu (M. Fatwa Nasir dan Istri, Fatiya Istiqomah, bersama Yunus Ali Rohman). Kalimantan Tengah (M. Nur Sidiq dan Ade Candra), dan yang ketiga Minangkabau, Padang (Andi dan Aji).

Semua da`i yang dikirim adalah mahasiswa STAIPI Garut semester akhir. Program ini dilaksanakan sebagai ajang persiapan dan pemanasan bagi Mahasiswa jurusan Tafsir Hadits di STAIPI Garut, yang wajib melaksanakan tugas pengabdian selama satu tahun setelah selesai di Wisuda.

SDM du`at yang dikirim sampai tahun ini masih mengandalkan lulusan dari Garut. Ke depan insya Allah setelah melakukan konsolidasi dengan beberapa perwakilan dari perguruan tinggi Persis, akan banyak SDM da`i yang bisa dikirimkan. Sehingga pembinaan jama`ah Persis di luar jawa bisa dilakukan secara merata.

Sebelum melakukan pembinaan di kantor bidang Dakwah PP. Persis. KH. Uus M Ruhiat melakukan pembinaan kepada 60 mahasiswa Ma`had Al-Imarat pimpinan Ust. Haris Muslim (Sekum PP. Persis). Insya Allah seluruh mahasiswa ini akan menjalankan tugas pengabdian selama bulan Ramadlan, yang disebar ke berbagai daerah.

Bagi ikhwatu ieman yang berminat membantu kelancaran program Kafilah Du`at Persis ini bisa melalui rekening Panitia kafilah du`at Persis; CIMB Niaga Syari`ah a.n. Pimpinan Pusat Pemuda Persis no rek (761015948400)/BCA a.n gugum gunawan; bid. Dakwah PP. Pemuda Persis no rek (8100356431).

Bagi ikhwatu ieman yang sudah transfer diharapkan untuk konfirmasi ke no HP 0813-2044-1673.

 

gugum gunawan

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?