Kabid Dikdasmenum PP Persis Sosialisasikan 6 Program Kerjanya

Dipublish pada 21 Agustus 2016 Pukul 07:23 WIB

1416 Hits

Bandung - persis.or.id, Ketua Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Umum (Dikdasmenum) PP Persis, Dr.Darwis, M.Pd, sampaikan 6 program kerjanya kepada seluruh kepala sekolah umum Persis pada hari sabtu (20/8) di Aula Kantor PP Persis.

Dr. Darwis menyebut soal pemutakhiran database dan tata kelola penyelenggaraan sekolah umum di lingkungan Persis, mengawali pemaparan sosialisasi program kerjanya kepada seluruh hadirin. "Program Pertama yaitu; pemutakhiran database. Dikdasmenum PP Persis akan melakukan pendataan sekolah umum, asatidz, santri dan sarana prasarana secara web base", papar Dr. Darwis.

Program kedua, Dr.Darwis menyebutkan bahwa Dikdasmenum setelah menginventalisir temuan-temuan masalah dari para kepala sekolah umum baik itu jenjang SD, SMP ataupun SMA, maka akan melakukan perencanaan yang lebih efektif dan terukur, perbaikan sistem dan teknis penyelenggaraan, peningkatan budaya mutu dan sampai pengembangan dan kemajuan pendidikan sekolah umum Persis. "Begitu dahsyatnya efek dari sebuah perencanaan. Jika saja tim EO memiliki perencanaan matang tentang pelaksanaan kegiatan sampai 100% begitu ditanya berapa persen tingkat kesuksesannya, mereka bisa menjawab 70%. Nah, bagaimana kalau kita tidak melakukan perencanaan sama sekali? tentu, kita tak mau gagal. Sebab itu disini kita akan belajar merencanakan penyelenggaraan pendidikan umum Persis", ungkap Dr. Darwis.

Program ketiga Dikdasmenun PP Persis adalah peningkatan kualitas lembaga dan SDM. "Saat ini yang diperlukan adalah sosok para leader dari para mudir sekolah umum yang mampu meningkatkan kualitas SDM dan lembaga pendidikan itu sendiri", tutur Dr. Darwis. Dalam waktu dekat, Dikdasmenum pun akan memperbaiki kualitas soal ujian kepesantrenan Persis. "Para pembuat soal mata pelajaran yang di-UAP-kan, akan diberi pelatihan terlebih dahulu mengenai cara membuat soal ujian yang berkualitas dan memenuhi standar", ujar Dr. Darwis. Beliaupun lebih lanjut menyampaikan bahwa  untuk meningkatkan kualitas lembaga dan SDM itu salah satu upayanya adalah dengan melaksanakan akreditasi dan monitoring evaluasi (monev) penilaan kinerja kepala sekolah. "Pelaut ulung, terlahir dari lautan yang penuh tantangan dan gelombang luar biasa. Kepala sekolah yang hebat itu terlahir dari kemampuan menyikapi dinamika dan tantangan yang tengah dihadapi", imbuh Dr.Darwis menyemangati para hadirin.

Program keempat Dikdasmenum PP Persis adalah penyelenggaraan Ujian Akhir Pesantren (UAP) diakordinir oleh PP. "Kita akan coba perbaiki dan tingkatkan kompetensi paling lemah yaitu kompetensi penilaian", ucap Dr.Darwis.

Program kelima dan keenam dari Dikdasmenum PP Persis ini adalah penyempurnaan pedoman sistem pendidikan dasar dan menengah umum (dikdasmenum) serta pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi dikdasmenum. Insyaallah kedepannya tata kelola pendidikan umum Persis akan selangkah lebih maju dibanding lembaga pendidikan lainnya. Dikdasmenum PP Persis sedang mengupayakan adanya budaya mutu agar pendidikan sekolah umum di lingkungan Persis bisa bersaing di kancah nasional dan internasional. (/TG)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?