Kebijakan Akademik Universitas Persatuan Islam Menghadapi Pandemi Covid-19

Kebijakan Akademik Universitas Persatuan Islam Menghadapi Pandemi Covid-19

Dipublish pada 14 Maret 2020 Pukul 20:28 WIB

1595 Hits

SURAT EDARAN

No: 0296/A.08/B.1-C.5/III/2020

Tentang

Himbauan Pelayanan Dosen dan Mahasiswa Berbasis Daring (Online)

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Berkenaan dengan virus Corona (COVID-19) yang dalam istilah lain disebut wabah/ tho’un, Rasulullah SAW menyampaikan seperti diriwayatkan dalam hadits berikut ini:

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا

Artinya: "Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." (HR Bukhari)

Fenomena di Bumi termasuk penyakit wabah (tho’un) hakikatnya adalah ayat – ayat Allah SWT. Namun demikian, sebagai orang beriman syariatnya kita harus menjaga kehidupan kita sesuai dengan salah satu maqosidul Syariat Islam yakni menjaga jiwa (Hifzhun Nafs). sebagaimana dalam qaidah usul fiqih dijelaskan :    

دَرْءُ الْمَفَاسِدِ أَوْلَى مِنْ جَلْبِ الْمَصَالِحِ

“Menolak keruksakan lebih diutamakan daripada menarik manfaat”

Begitu juga hari ini penyebaran masif  telah terjadi pada virus Corona (COVID-19) ditetapkannya sebagai pandemi oleh WHO (World Health Organization), kami civitas Universitas Persatuan Islam menghimbau untuk:

1.    Pelayanan dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Persatuan Islam mulai hari Senin, 16 Maret 2020 diharapkan menggunakan fasilitas daring (online) selama 14 hari atau dua minggu kedepan.

2.    Menghimbau kepada Dosen, Tenaga pendidik dan Mahasiswa untuk menjaga pola hidup sehat dan memberikan edukasi kepada lingkungan sekitar.

3.    Berbagai kegiatan kemahasiswaan yang melibatkan banyak orang di dalam maupun di kampus dihentikan sementara

4.    Tetap tenang dan waspada terhadap informasi COVID-19 sehingga tidak terjebak hoax.

5.    Selalu menyeimbangkan antara ikhtiar do’a dan usaha dalam kesiapsiagaan menghadapi pandemi ini.

6.    Hak dan Kewajiban kepada Dosen, Tenaga Pendidik, Mahasiswa dan Civitas Akademika Universitas Persatuan Islam tetap diberikan.

Demikian edaran ini kami sampaikan, atas partisipasi dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih, teriring do’a Jazakumullohu khoiron katsiero.

Rektor Universitas Persatuan Islam Prof. Dr. KH Maman Abdurrahman. MA. 

Bandung 14 MAret 2020M - 19 Rajab 1441 H


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?