Kunjungan Iqro Institute Yordania ke PP. Persis

Dipublish pada 25 Januari 2018 Pukul 15:27 WIB

700 Hits

Bandung - persis.or.id, Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) menjamu kunjungan dari Kepala Bidang Pengembangan Bahasa Universitas al-‘ul al-tathbiqiyyah Yordania Dr. Amjad Saadeh. Pertemuan tersebut disambut oleh Ketua Bidgar Hubungan Luar Negeri PP Persis H. Yusuf Burhanudin, Lc, MA, Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum, Dr. Latief Awwaludin, MA, dan Dr. Nurwaman, M.Ag di kantor PP Persis, Jl. Perintis Kemerdekaan Bandung Sabtu (20/01/2018).

Pertemuan Dr. Amjad Saadeh dengan PP. Persis mengagendakan kerjasama pendidikan dalam bentuk seminar kepada beberapa Pesantren dan Ma’had Persatuan Islam. Seminar pendidikan dilakukan dengan melaksanakan seminar bertema etika, akhlak dan pengembangan bahasa Arab.

Dosen Fakultas Syari’ah Universitas Yordania ini menjelaskan pentingnya penanaman etika dan akhlak sejak dini. Menurutnya nilai-nilai Al-Qur’an bisa di tanamkan dengan cerita bergambar atau penuturan kisah. “Anak bisa ditanamkan akhlak dari nilai-nilai Al-Qur’an dengan kita bercerita atau dengan gambar yang menarik.” Ucapnya.

Dr Amjad telah merintis dua lembaga pendidikan di Yordania. Lembaga tersebut Ma’had Iqro (Iqro Institute) yang bergerak pada kajian pengembangan bahasa Arab, dan lembaga motivasi (Fusanul Qiyam) yang berfokus pada penanaman nilai-nilai akhlaq dan etika untuk peserta didik. “Nilai-nilai dalam Al-Qur’an akan lebih efektif ditanamkan dalam jiwa melalui penuturan kisah semua berbahasa Arab, jadi siswa dan santri bisa belajar dua pelajaran sekaligus,” tambahnya.

Pertemuan Dr. Amjed dengan PP Persatuan Islam diharapkan terjadi relasi yang baik. Metode Dr Amjed selanjutnya akan dikonsultasikan dengan Bidang Tarbiyyah PP. Persis untuk memperkuat kualitas santri-santri di lingkungan Persatuan Islam. (JJ/RF)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?