Launching Daurah Dakwah, Tiga PC PERSIS di Majalengka Bedah Buku Metode Istinbat Dewan Hisbah PERSIS

Launching Daurah Dakwah, Tiga PC PERSIS di Majalengka Bedah Buku Metode Istinbat Dewan Hisbah PERSIS

Dipublish pada 12 Oktober 2021 Pukul 07:15 WIB

293 Hits

Majalengka, persis.or.id – Di tengah tantangan eksternal dan internal dunia dakwah yang semakin kompleks, diperlukan peningkatan kompetensi pada da'i. 

Di antara pengetahuan penting bagi pada da'i PERSIS adalah metode ijtihad Dewan Hisbah PERSIS yang menjadi ruh bagi putusan-putusan fatwa terkait persoalan fikih, karena metode tentunya lebih penting daripada hasil.

Untuk kepentingan tersebut, tiga pimpinan cabang: PC Persis Cikijing bekerja sama dengan PC PERSIS Cingambul dan Talaga, mengadakan kegiatan Dauroh Dakwah untuk para Tasykil PC dan para Muballigh PC.

Sebagai pembuka acara, diangkat bedah buku Metode Istinbat Dewan Hisbah Persatuan Islam, dengan mengundang Ustaz Ginanjar Nugraha sebagai salah seorang staf kesekretariatan Dewan Hisbah, yang diselenggarakan pada Ahad (10/10/21) siang di Pesantren Persatuan Islam no. 138 Cikijing, Kabupaten Majalengka. 

Acara dihadiri oleh para tasykil dan mubalig dari ketiga kecamatan tersebut serta dari unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Majalengka.

Dalam pemaparannya, Ustaz Ginanjar menyampaikan tahapan memahami metode yang digunakan Dewan Hisbah.

"Dalam memahami metode ijtihad Dewan Hisbah, tidak terlepas dari penguasaan terhadap pemikiran dan turats para muassis PERSIS, khususnya genealogi secara fikih, yaitu Ustaz A. Hassan, kemudian dua murid beliau yaitu Abdul Qadir Hassan, yang melahirkan para ulama gen Bangil; Ustaz E. Abdurrahman yang melahirkan para ulama gen Bandung. Karena, metode ijtihad Dewan Hisbah merupakan hasil dialektika pemikiran dari para ideolog PERSIS tersebut," kata ustaz yang juga redaktur majalah Risalah Persatuan Islam.

Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa membaca buku Thuruq Istinbat Dewan Hisbah mesti difahami sebagai kesinambungan pemikiran dari perkembangan ushulfiqh, yang tentunya diawali oleh para sahabat kemudian dikembangkan oleh para ulama sampai sekarang. 

“Karena dari sisi konten merupakan hasil tarjih para ulama PERSIS dari sekian banyak teori ushulfiqh. Kemudian disusun secara sistematis menjadi sebuah metodologi tersendiri khas Persatuan Islam,” paparnya.

Ketua PD PERSIS Majalengka Ustaz Acep Saepudin, M.Ed. dan ketua PC PERSIS Cikijing Ustaz Moh. Riyadi berharap kegiatan daurah dakwah ini akan semakin meningkatkan kualitas SDM khusunya muballig PC, yang tentunya juga akan semakin mengembangkan Dakwah Persatuan Islam.

Pada hari itu pula, Pimpinan Cabang PERSIS Cikijing mendapatkan amanah besar berupa hak guna pakai kantor sekrerariat PC PERSIS Cikijing dari Bapak H. Asep Surisman, yang beralamat di Jl. Raya Sukamukti No. 59, Ds. Sukamukti, Kec. Cikijing, Kab. Majalengka. 

Bapak H. Asep Surisman, yang juga merupakan putera dari Bapak H. Parto Allahu Yarham (pendahulu PERSIS Cikijing) dalam sambutannya meyampaikan rasa bahagia karena telah menjadi bagian dari Keluarga Besar PERSIS Cikijing.

Beliau juga mengamanahkan kepada para tasykil untuk memakmurkan tempat tersebut. 

Ke depan seluruh kegiatan PC PERSIS Cikijing akan terpusat di kantor sekretariat ini, termasuk kegiatan Dauroh Dakwah yang akan berlanjut dan diadakan setiap pekan.

(GN/MN)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?