Peresmian Rumah Cahaya Bangkit, Co-Working Space Pusat Zakat Umat dan YBM PLN di Kecamatan Astanaanyar

Peresmian Rumah Cahaya Bangkit, Co-Working Space Pusat Zakat Umat dan YBM PLN di Kecamatan Astanaanyar

Dipublish pada 13 November 2020 Pukul 04:53 WIB

164 Hits

Bandung - persis.or.id, Salah satu amanah undang-undang perzakatan  Lembaga Amil Zakat (LAZ) adalah meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Pusat zakat Umat sebagai salah satu lembaga amil zakat berskala nasional bersinergi dan berkolaborasi dengan YBM PLN dan Pemerintahan Kota Bandung Khususnya Kecamatan Astanaanyar untuk mewujudkan tujuan undang-undang perzakatan tersebut.

Melalui salah satu program Umat Mandiri,  Rumah Cahaya Bangkit Co-working space menjadi salah satu solusi menghadapi permasalahan umat yang masih berada dalam garis kemiskinan sebagai penggerakan perubahan sosial ekonomi dengan cara memberdayakan umat.

Rumah Cahaya Bangkit co-working space adalah program pembinaan untuk para generasi muda dari kalangan dhuafa, baik untuk peningkatan life skill, pelatihan kewirausahaan, pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas, pendampingan usaha, dan bantuan modal ekonomi umat maupun pembinaan rohaninya.

Rumah Cahaya Bangkit ini mempunyai visi untuk mencetak generasi-generasi yang berkualitas dan berakhlakulkarimah. Diharapkan dengan adanya Rumah Cahaya Bangkit ini para generasi muda dapat memberikan kontribusi yang positif berinovasi, berkreasi, berkembang, dan berdaya untuk kemajuan daerahnya.

Adapun peningkatan life skill yang akan dilakukan berupa pelatihan tata busana, pelatihan barista, pelatihan sablon, pelatihan mencukur, pelatihan tata boga/kuliner, pelatihan teknisi AC, pelatihan digital marketing selain pelatihan life skill juga di rumah cahaya bangkit co-working space juga sebagai rumah pembelajaran al-Quran, aqidah-akhlak dan Fiqh Ibadah.

Alhamdulillah pada hari kamis 12 November 2020, Rumah Cahaya Bangkit Co-Working Space diresmikan dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bandung bapak Yana Mulyana, Camat Astanaanyar bapak Syukur Sabar, Lurah Nyengseret Bapak Suparno, Bidgar Ekonomi Pimpinan Pusat Persatuan Islam Dr. Latif Awwaludin, Direktur Eksekutif Angga Nugraha, dan Wakil Ketua YBM PLN UID Jabar Bapak Ismail Haris.

Sinergi dan Kolaborasi antara Pusat Zakat Umat, YBM PLN dan Pemerintah Kota Bandung ini dalam hal ini Kecamatan Astanaanyar ini masih merupakan sinergi da kolaborasi yang sudah dilakukan dari tahun 2019 yaitu renovasi rumah kumuh sebanyak 10 rumah dengan nilai 500 juta, sembako untuk dhuafa sebanyak 1000 paket dengan nilai 250 juta dan yang sekarang yaitu Rumah Cahaya Bangkit Coworkingspace senilai 75 juta dan untuk pelatihan-pelatihan senilai 100 juta, mudah-mudahan sinergi dan berkolaborasi ini menjadi sebuah solusi penanggulangan kesejahteraan umat.

"Alhamdulillah dengan adanya sinergi dan kolaborasi tiga lembaga ini disambut baik oleh wakil wali kota Bandung karena dengan adanya sinergi dan kolaborasi ini menjadi sebuah kekuatan besar untuk menjadi solusi penanggulangan kemiskinan yang ada di kota Bandung dan ini adalah sebuah terobosan dan inovasi yang bagus serta program mendukung program-program Pemerintah kota Bandung", ujar yana [/AS]


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?