Periksa Data Kota untuk Memastikan Pelaksanaan Ibadah Gerhana Bulan Sebagian

Periksa Data Kota untuk Memastikan Pelaksanaan Ibadah Gerhana Bulan Sebagian

Dipublish pada 19 November 2021 Pukul 14:24 WIB

564 Hits

Bandung, Persis.or.id - Pada Jum'at (19/11/2021) akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS). Meski begitu, tidak ada keharusan untuk melaksanakan shalat gerhana. 

Waktu gerhana tersebut yakni: 

Awal Gerhana Umbra (U1)  = 14:18:39 WIB

Tengah Gerhana (Max)        = 16:02:53 WIB

Akhir Gerhana Umbra (U4)  = 17:47:07 WIB 

Durasi gerhana sendiri yakni selama 03 Jam 28 menit 28 detik. Namun, GBS ini berdekatan dengan waktu terbit Bulan, hingga terdapat sebagian daerah yang tidak bisa menyaksikannya 

Sebab, bulan 'belum terbit' atau ketika bulan terbit berdekatan dengan waktu akhir gerhana, hingga gerhana hanya bisa dilihat dalam waktu singkat saja. 

Daerah Indonesia yang tidak bisa menyaksikan gerhana adalah provinsi: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Banten. 

Sementara untuk Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jogjakarta terdapat sebagian daerah yang dapat menyasikan gerhana namun dengan durasi sangat singkat, yakni sekitar 1-16 menit dari terbenam matahari atau terbit bulan. 

Dalam Islam, gerhana tidak hanya sebatas fenomena alam. Lebih dari itu, gerhana menjadi tanda kekuasaan Allah. Oleh sebabitu, saat terjadi gerhana umat Islam dianjurkan melaksanakan rangkaian ibadah gerhana mulai dari takbir, shalat gerhana, khutbah gerhana dan bersedekah. 

Bagi daerah-daerah yang bisa menyaksikan gerhana dengan durasi yang cukup untuk melakukan rangkaian ibadah gerhana sebagaimana tersebut, maka dianjurkan untuk melaksanakan rangkaian ibadahnya. 

Namun bagi daerah yang tidak dapat menyaksikan gerhana atau bagi daerah yang dapat menyaksikan gerhana tetapi dengan durasi sangat singkat hingga tidak cukup waktu untuk melaksankan rangkaian ibadah gerhana, maka tidak apa-apa jika tidak melaksanakannya. 

Untuk mengetahui durasi Gerhana, dapat diamati dengan melihat waktu terbit Bulan*dan waktu gerhana Umbra berakhir. 

Misalkan di Bandung, bulan terbit pukul 17:49 WIB, sedang akhir Gerhana Umbra di Bandung adalah pukul 17:47 WIB. Artinya ketika bulan terbit di Bandung, gerhana umbra sudah berakhir. Hingga, tidak ada tuntutan untuk melaksanakan rangkaian ibadah gerhana. 

Contoh lain di Kota Cirebon, akhir gerhana terjadi pukul 17:47 WIB, dan bulan terbit di Cirebon pukul 17:45 WIB. Dengan begitu, gerhana hanya bisa teramati sekitar 2 menit saja dan tidak mungkin melaksanakan rangkaian ibadah gerhana karena waktunya terlalu singkat. 

Contoh lain di Kota Jayapura, bulan terbit puk 17:25 WIT sedangkan gerhana berakhir pukul 19:47 WIT dan lama gerhana yang bisa teramati di Jayapura adalah 2 jam 22 menit. Dengan durasi ini, di Jayapura bisa melaksanakan rangkaian ibadah gerhana. 

Link data gerhana dan keterlihatan gerhana di 513 Kota di 34 Provinsi Indonesia bisa di download di link berikut: 

https://bit.ly/infoGBS19Nov2021 

(/FAR)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?