Perkuat Semangat Usaha di Masa Pandemi, PC Pemuda Persis Margaasih Gelar Seminar Ekonomi

Perkuat Semangat Usaha di Masa Pandemi, PC Pemuda Persis Margaasih Gelar Seminar Ekonomi

Dipublish pada 08 September 2020 Pukul 08:15 WIB

205 Hits

Bandung - persis.or.id, Pada perkembangannya, pandemi tidak hanya menyerang aspek kesehatan saja, tetapi berdampak juga pada sektor ekonomi masyarakat. Pimpinan Cabang melalui Bid. Ekonomi menginisiasi untuk merespon masalah ini dengan mengadakan Seminar Ekonomi: "Mengelola Ekonomi di Era Pandemi," bersama Al Ustadz Dr. Latief Awaludin, MA., ME selaku Bidgar Ekonomi PP Persis. (4/9).

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian jamiyyah terhadap para anggota, khususnya para pegiat usaha yang ada di Margaasih. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana mempererat hubungan antar pengusaha dengan jamiyyah," ujar Ust. Abdul Rohman selaku Ketua PC Pemuda Persis Margaasih.

Pada acara seminar ini, Al Ustadz Dr. Latief banyak memberikan ilmu dan wawasan baru terkait ekonomi. Bermula dari mengenalkan sistem ekonomi yang ada di dunia (meliputi sistem ekonomi komunis, liberalis bahkan campuran), sampai menjelaskan secara rinci perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia. Salah satunya pembahasan tentang UMKM yang ada di Indonesia, dimana hampir secara keseluruhan pelaku ekonomi muslim berada di sektor ini.

Bukan hanya itu, pemateri juga menjelaskan tentang kelemahan kita dalam menjalankan usaha ekonomi, yaitu kurangnya mendapatkan akses informasi, jaringan terbatas, dan umat sukses menjalankan ekonomi hanya sebatas untuk dirinya dan keluarganya saja tetapi banyak yang gagal ketika menjadi badan hukum (PT/CV). Oleh karena itu, perlunya umat Islam, khususnya para pemuda untuk memperbanyak silaturahmi guna membuka akses informasi dan jaringan.

Di akhir pembahasan, pemateri menutup seminar dengan memberikan beberapa ilmu tentang respon kita menghadapi usaha ekonomi di tengah wabah pandemi, di antaranya : Kurangi konsumsi yang tidak berguna, jangan pesimis dan harus kreatif (misalkan dengan menginvestasikan ke beberapa bidang), tingkatkan kapasitas profesionalismenya, siapkan dana cadangan, dan mencoba produk kita beralih ke digital.

***



Newsroom:

Kominfo PC Pemuda Persis Margaasih


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?