PP Persis Apresiasi Kinerja Dewan Hisbah, Sekum Persis: Peran Dewan Hisbah Sangat Penting Didalam Jamiyyah Persis

PP Persis Apresiasi Kinerja Dewan Hisbah, Sekum Persis: Peran Dewan Hisbah Sangat Penting Didalam Jamiyyah Persis

Dipublish pada 12 Februari 2021 Pukul 08:40 WIB

394 Hits

Bandung - persis.or.id, Dalam kegiatan sidang Dewan Hisbah beberapa 9-10 Februari lalu, Pimpinan Pusat Persatuan Islam sangat mengapresiasi kinerja tim Dewan Hisbah PP Persis.

Hal tersebut disampaikan oleh sekretaris umum, Dr. KH. Haris Muslim, sebab tanggungjawab Dewan Hisbah yang berat, dipikul dunia dan akhirat terhadap hasil istinbathnya.

“Kehati-hatian dalam menjalankan sidang kemudian memberikan fatwa dan menginsitbah fatwa serta melengkapkan keputusan secara hati-hati, betul betul dilakukan Dewan Hisbah”, ungkap Dr. KH. Haris Mulim, ketika menutup Sidang Lengkap Dewan Hisbah PP Persis di PPI 50 Lembang Kabupaten Bandung Barat, Kamis (11/2/2021).

PP Persis berterimakasih dan menghaturkan doa jazakumullahu khoiron katsiron kepada seluruh anggota Dewan Hisbah yang telah mencurahkaan tenaga dan pikirannya, kemudian juga kepada seluruh staf sekrtariat DH yang sudah mempersiapkan seluruh agenda acara dari awal hinga akhir sehingga acara sidang lengkap ini berjalan lancar.

Menurut Haris, diantara tantangan Pimpinan agama Islam atau para Ulama yaitu bagaimana bisa menjawab problematika yang hadir di tengah kehidupan dan membutuhkan jawaban hukum sehingga fatwa itu menjadi suatu hal yang ditunggu. 

“sebab, setiap hari ketika menghadapi permasalahan baru yang berkaitan dengan hukum yang perlu jawaban”, tambahnya.

Persatuan Islam selaku organisasi perubahan dari awal berdirinya hadir dengan salah satu kekhasannya adalah bagaimana mampu menjawab semua perbedaan-perbedaan tersebut dengan fatwa-fatwa hukum yang jelas, lugas dan tegas kemudian juga argumentative.

Sekretaris umum PP Persis itu pun turut membahas berkaitan dengan pelaksanaan Muktamar Persatuan Islam ke-XVI, nantinya peran Dewan Hisbah yang disebutkan oleh Wakil Ketua Umum Dr. KH. Jeje Zaenudin, Dewan Hisbah sebagai ruh jamiyyah memang harus dihadirkan sebagai penyerta Muktamar, sehingga setiap Muktamar akan ada sidang Dewan Hisbah.

“Ini untuk menegaskan peran Dewan Hisbah PP Persis, sangatlah penting di dalam jamiyyah ini”, jelasnya.

Terakhir, Dr. Haris Muslim menyampaikan harapan, semoga pada bulan April nanti jamiyyah Persatuan Islam bisa melaksanakan salah satu agenda lima tahunan dalam kondisi yang masih seperti ini.

“Saya sebagai panitia muktamar meminta doa dari semuanya, agar Muktamar Persis ke-16 nanti berjalan lancar. Terimakasih juga kepada semuanya pihak yang telah mensukseskan acara sidang DH baik secara offline maupun online”, pungkasnya. (HL/TG).


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?