PW PERSIS Kaltara Gelar Muswil 1, Kabidjam PP: Hadirnya PERSIS Turut Bantu Pemerintah 

PW PERSIS Kaltara Gelar Muswil 1, Kabidjam PP: Hadirnya PERSIS Turut Bantu Pemerintah 

Dipublish pada 23 November 2021 Pukul 04:47 WIB

125 Hits

Kalimantan Utara, persis.or.id - Pimpinan Wilayah Persatuan Islam Kalimantan Utara (PW PERSIS Kaltara) telah menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-1 pada Ahad-Senin (21-22/11/2021). 

Acara yang digelar di Desa Liang Bunyu, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimatan Utara ini dihadiri pula oleh Pimpinan Pusat PERSIS yang diwakili oleh Kepala Bidang Jam'iyyah Ustaz Uus M. Ruhiyat. 

Dirinya mengatakan bahwa kehadiran PW PERSIS di Kaltara pada tahun 2016 lalu untuk memperluas gerak dakwah PERSIS, dan juga membantu pemerintah provinsi dalam menghadirkan masyarakat yang maju, berkembang, dan berpendidikan Islami. 

Kehadiran PERSIS, khususnya di Sebatik dan Kalimantan Utara pada umumnya, kata dia, sudah ada sejak tahun 1970-an, dan dilanjutkan pada tahun 1993 dengan pembentukan PC PERSIS Sebatik oleh tokoh PERSIS saat itu, yakni Ustaz Latief Muchtar dan Ustaz Siddiq Amien. 

"Untuk memperluas gerak dakwah, dibentuklah PW PERSIS Kalimantan Utara pada 2016 lalu, sehingga kehadiran Persatuan Islam di bumi Kalimantan Utara dapat membantu Pemerintah Provinsi Kaltara dalam menghadirkan masyarakat yang maju, berkembang dan  berpendidikan dalam tatanan yang Islami," jelas Ustaz Uus saat memberikan sambutan. 

Gubernur Kaltara, H. Zainal Andi Paliwang, S.H., M.H. yang turut hadir dalam acara Muswil tersebut mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kehadiran PERSIS di Kalimantan Utara. Adanya PERSIS telah terbukti membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat. 

Selain itu, dirinya juga ikut meresmikan pembangunan Pesantren PERSIS Internasional dengan peletakan batu pertama sebagai bentuk dukungan pemerintah provinsi. 

"Kami datang untuk meresmikan dimulainya pembangunan Pesantren PERSIS Internasional di Sebatik atas prakarsa PW PERSIS Kaltara sebagai wujud dukungan dari Pemerintah Provinsi," ujar Gubernur Kalimatan Utara tersebut. 

Selain peletakan batu pertama pembangunan Pesantren PERSIS Internasional, diadakan juga kegiatan penyerta Muswil yaitu Vaksinasi untuk 1.500 orang, Khitanan Masal bagi 100 anak-anak, serta pemerikasaan kesehatan yang bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Nunukan. 

Dalam acara tersebut, diserahkan juga cendera mata dari PP PERSIS berupa buku-buku karya Ketua Umum Persatuan Islam K.H. Aceng Zakaria, yang diserahkan oleh Kepala Bidang Garapan Sumber Daya Insani, Ustaz Sulwan Kosasih kepada Bupati Kabupaten Nunukan, Ibu Hj. Asmil Laura Hafid, S.E., M.E., Ph.D. 

(SK/IF)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?