Siapkan Guru Inovator dan Kreator, Dikdas PD Persis Garut Adakan Workshop PJJ

Siapkan Guru Inovator dan Kreator, Dikdas PD Persis Garut Adakan Workshop PJJ

Dipublish pada 20 Juli 2020 Pukul 06:36 WIB

433 Hits

Garut - persis.or.id, Bidang Garapan Pendidikan Dasar (Dikdas) PD Persis Garut menyelenggarakan Workhskop Pembelajaran Jarak Jauh [PJJ]. Acara yang bertema Guru sebagai Inovator dan Kreator dalam Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh ini diikuti para guru SD dan MI Persis se-Kabupaten Garut. Hadir pula dalam acara ini Ketua PD Persis Garut dan Kepala Bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan Garut. Kegiatan ini bertempat di Gor Pesantren 76 Tarogong Garut, Sabtu [18/7/2020].

Acara pembukaan dipandu ustadz Iwan Mulyana, S.Pd.I. Setelah dimulai pengajar di pesantren Karangpawitan ini melanjutkan acara dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh ustadz Mansur. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Bidgar Dikdas Persis Garut yaitu bapak Yusup Tajri, M.Pd. Pria asal Cioyod ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Beliau pun menyampaikan program Dikdas Persis Garut 2020 – 2024.

Sambutan kedua disampaikan Ketua PD Persis Garut. Ustadz Drs. H. Ena Sumpena, M.Pd.I. mengemukakan kegembiraan terhadap diadakannya workshop ini. Beliau pun mengingatkan pentingnya keberadaan guru dalam pendidikan. “Bagi Persis keberadaan bapak dan ibu guru harus berusaha menjadi murabbi yang beradab dan terampil. Termasuk menyikapi PJJ di masa pandemi ini,” jelas ustadz Ena.

Sementara bapak Ade Manadin, M.Pd. memaparkan kebijakan pendidikan dasar di kabupaten Garut. Disamping mengapresiasi kegiatan workhsop beliau pun mendukung program yang digulirkan PD Persis Garut, khususnya dalam bidang pendidikan. Pria asal Pakenjeng ini pun mengajak kepada para pengelola sekolah agar mengawal penyelenggaraan sekolah sebaik mungkin. “Ruh penyelenggaraan pendidikan adalah para kepala sekolah dan guru. Siswa tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya peran guru yang sangat maksimal,” ujar pa Ade.

Materi kedua disampaikan Dr. H. Darwis, M.Pd. Lulusan UPI Bandung ini membahas Strategi dan Pendekatan Pembelajaran Jarah Jauh. Berbagai strategi beliau paparkan dengan sangat menarik. Bermacam pendekatan Dr. Darwis hadirkan dengan sangat komunikatif. Dialog pun berjalan dengan hangat.

Kegiatan akhir adalah materi dari ibu Ida Siti Parida, M.Pd. Anggota tim penulis buku PP Persis ini membedah mengenai Analisis KD dan Materi Pembelajaran Jarak Jauh. Ia pun mengetengahkan Media yang dapat digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Para peserta diajak praktek berbagai media yang dapat digunakan. Materi ini pun berlangsung hingga menjelang Salat Asar. (/Yusri)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?