Silaturahmi ke Dubes RI, Waketum PP Persis Diskusi tentang Isu Strategis di bidang Dakwah dan Pendidikan

Dipublish pada 25 September 2016 Pukul 11:16 WIB

1116 Hits

Sudan - persis.or.id, Hari keenam (22/9) kunjungan penelitiannya di Sudan, Wakil Ketua Umum PP Persis, Dr. Jeje Zaenudin bertemu Dubes RI untuk Sudan di kantornya di kota Khartum.

Dengan didampingi 5 mahasiswa alumni Pesantren Persis yang sedang menuntut ilmu di Sudan,  ustadz Jeje berdialog dengan dubes  panjang lebar mengenai berbagai isu strategis di bidang dakwah dan pendidikan. Diskusi pun tak luput  menggali informasi terkait prospek hubungan bilateral Indonesia dengan Sudan di bidang Pendidikan dan Ekonomi.

Sudan terbilang negara miskin tetapi punya semangat pendidikan dan memajukan dakwah Islamiyah sangat tinggi. Tidak heran di tengah keterbatasannya secara ekonomi akibat dampak konflik berkepanjangan masa lalu dan embargo ekonomi Amerika , sudan masih menerima pelajar dari seluruh dunia untuk belajar gratis di sini. Mahasiswa dari Indonesia sendiri sampai tahun 2016 hampir mencapai 800 orang mahasiswa.

Indinesia yang secara ekonomi lebih kaya dan secara politik lebih maju,  seharusnya memberi porsi perhatian yang lebih kepada Sudan,  di antaranya melalui investasi bisnis dan beasiswa bagi pelajar Sudan untuk menuntut ilmu di Indonesia.

Bangsa Sudan sampai sekarang masih mengenang jasa Indonesia ketika pada Konferensi Asia Afrika pertama tahun 1955, Sudan diundang dan diperlakukan sebagai peserta layaknya negara merdeka,  walaupun waktu itu status Sudan masih negara jajahan Inggris. Jasa Indonesia itu sekarang diharapkan Sudan dalam bentuk lain,  terutama investasi di bidang ekonomi dan beasiswa pendidikan. (HL & TG)

Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?